PDIP: Megawati dan Presiden Jokowi Bakal Ketemu Intens Jelang Umumkan Capres

- Minggu, 30 Oktober 2022 | 20:01 WIB
Megawati Soekarnoputri bertemu dengan Presiden Jokowi. (Dok. PDIP)
Megawati Soekarnoputri bertemu dengan Presiden Jokowi. (Dok. PDIP)

Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto menyampaikan perihal momentum pengumuman calon presiden (capres) 2024 dari partainya. Ia berkata, momentum itu bakal diawali dengan pertemuan secara khusus antara Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi), serta ketua umum partai politik yang akan bergabung dengan koalisi.

Hal ini disampaikan Hasto mengingat pada momentum pada Pilpres 2019 lalu, Megawati bertemu dengan Presiden Jokowi untuk berdialog panjang perihal capres dan cawapres.

"Nanti juga sama, akan ada pertemuan-pertemuan yang intens antara Ibu Mega, Pak Jokowi, kemudian pertemuan dengan para ketua umum yang akan bersama-sama membangun kerja sama," ujar Hasto dalam keterangannya Minggu (30/10/2022).

Baca Juga: Pesan Megawati ke Kader PDIP: Soal Pilpres, Jangan Grasah-grusuh

Meski begitu, Hasto menegaskan bahwa momentum pertemuan itu akan dilakukan setelah berbagai persoalan ekonomi bangsa dapat diatasi. Pasalnya, tutur Hasto, dalam beberapa kali sambutan Presiden Jokowi dan Megawati disampaikan bahwa tahun 2023 bangsa Indonesia akan menghadapi tantangan ekonomi yang besar.

"Kemudian dengan menguatnya Presiden Xi Jinping maka persoalan Taiwan yang sebelumnya secara gencar AS membekap penuh Taiwan, ini juga akan menimbulkan persolan-persoalan geopolitik, sehingga situasi eksternal global itu sangat volatil dan kemudian penuh ancaman yang makim destruktif yang menggangu kemanan global," papar Hasto.

Baca Juga: PDIP Fokus Bantu Pulihkan Masalah Ekonomi Ketimbang Pikirkan Capres

Sementara, kata Hasto, tantangan di dalam negeri saat ini adalah berjuang mengatasi berbagai tekanan dan persiapan menggelar G20 dan kepemimpinan Indonesia di ASEAN. 

"Hal-hal itu yang harus kita lakukan dulu supaya energi bangsa ini betul-betul terkonsentrasi pada tugas kita yang telah dipercaya dunia internasional untuk menjadi pemimpin G20, itu yang seharusnya jadi fokus kita," tututr Hasto.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X