Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI, Nelayan Harapkan Ini soal Laut Natuna Utara!

- Kamis, 22 Desember 2022 | 17:00 WIB
Presiden Jokowi lantik Laksamana Yudo Margono (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Presiden Jokowi lantik Laksamana Yudo Margono (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Laksamana Yudo Margono telah resmi menjadi Panglima TNI. Penunjukkan Laksamana Yudo Margono menumbuhkan rasa optimistis terhadap pengamantan Laut Natuna Utara, Kabupaten Natuna.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Natuna, Hendri, berharap banyak kepada Laksamana Yudo Margono. Dia ingin sang Panglima TNI meningkatkan pengamanan di Laut Natuna Utara.

Dia pun ingin Laksamana Yudo Margono bisa mengintegrasikan setiap satuan yang ada demi menjaga Laut Natuna Utara. Dia bahkan menyarankan pengadaan pangkalan utama satuan pengamanan di Natuna.

-
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Baca Juga: Antisipasi Teroris saat Nataru, Panglima TNI: Pasukan Antiteror Kita Standby

“Harapan kami nelayan Natuna dengan dilantiknya Yudo Margono sebagai Panglima TNI, supaya prioritas penjagaan dan pengawasan Laut Natuna Utara semakin ditingkatkan," kata Hendri, di Ranai, Natuna, INDOZONE melansir dari ANTARA, Kamis (22/12/2022).

"Mungkin dengan mengintegrasikan setiap satuan yang ada, seperti TNI AL, Bakamla, Polairud dan PSDKP KKP. Kalau bisa Natuna dijadikan pangkalan utama satuan pengamanan dan pengawasan Laut Natuna Utara, sehingga lebih mudah dan cepat untuk digelar operasionalisasi penindakan, IUU Fishing," ungkapnya.

Harapan Hendri selaras dengan pernyataan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD saat pelantikan Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI. Dia juga menyinggung perihal kedaulatan teritori laut Indonesia sebagai salah satu pekerjaan rumah untuk Laksamana Yudo Margono.

"Kalau pandangan secara nasional, ya, menjaga kedaulatan. Kedaulatan itu ada teritori. Kalau teritori mungkin masalah laut, ya, di laut-laut Indonesia yang sering dilewati kapal-kapal yang melanggar lintas batas, melanggar hak berdaulat, itu kadang kala ada seperti halnya negara-negara lain. Itu teritorinya," tutur Mahfud MD.

Baca Juga: Persiapan Total! Panglima TNI-Kapolri Pimpin Langsung Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin

Sekadar informasi, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik dan mengambil sumpah jabatan Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta, Senin 19 Desember 2022. Laksamana Yudo Margono menggantikan Jenderal Andika Perkasa.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X