Antisipasi Teroris saat Natal, Kapolri Ultimatum Sterilkan Rumah Ibadah

- Kamis, 22 Desember 2022 | 18:04 WIB
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo (kiri). (Dok. Humas Polri)
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo (kiri). (Dok. Humas Polri)

Mabes Polri menunjukkan kesiagaan mengantisipasi tindakan terorisme saat perayaan Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo pun mengultimatum anggotanya untuk melakukan sterilisasi ke semua rumah ibadah.

"Terkait dengan pengamanan ibadah Natal. Pastikan setiap lokasi ibadah dilakukan sterilisasi dengan melibatkan TNI, BNPT, Jibom, Brimob, Densus 88 Antiteror," kata Jenderal Sigit di silang Monas, Jakarta Pusat, Kamis (22/12/2022).

Hal tersebut disampaikan Sigit saat memimpin apel gelar pasukan Operasi Lilin 2022. Selain fokus ke tempat ibadah, Sigit juga meminta jajaranya untuk fokus ke tempat-tempat keramaian.

Baca Juga: Indahnya Toleransi! Wanita Berhijab Ini Sigap Perbaiki Hiasan Natal Tetangga yang Jatuh

Proses pengecekan barang bawaan pengunjung hingga adanya mesin X-ray disebutnya harus digunakan baik di tempat ibadah maupun di tempat keramaian.

"Kita tetap melakukan langkah-langkah untuk pencegahan khususnya di tempat-tempat ibadah atau yang melaksanakan kegiatan keramaian dengan melakukan tahapan sterilisasi kemudian kita lakukan pemasangan X-ray dan tentunya bagi yang melaksanakan ibadah tentunya akan dilakukan pemeriksaan dan barang-barang yang dibawa juga dibatasi," beber Sigit.

Polri Libatkan Ormas

Mantan Kabareskrim Polri ini menyebut pihaknya melibatkan sejumlah organisasi masyarakat (ormas) dalam hal pengamanan rumah ibadah. Ormas-ormas tersebut disebutnya juga siap untuk membantu memberikan pengamanan.

Baca Juga: Cegah Teror Saat Natal, Polda Metro Amankan 1.385 Gereja di DKI dan Sekitarnya

"Kita siapkan pengamanan dengan menyertakan seluruh rekan-rekan ormas terkait, hampir seluruh wilayah semuanya siap baik itu NU, Muhammadiyah, Banser, Ansor serta ormas yang ada di wilayah masing-masing," kata Sigit.

"Ini menunjukkan soliditas, sinergitas juga toleransi yang ada di Indonesia," pungkas Kapolri.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X