Diduga Jual Sabu Barang Bukti di Bukit Tinggi, Ini Harta Kekayaan Fantastis Irjen Teddy

- Jumat, 14 Oktober 2022 | 20:00 WIB
Kapolda Jatim Irjen Teddy Minahasa (Dok Humas Polri)
Kapolda Jatim Irjen Teddy Minahasa (Dok Humas Polri)

Kapolda Jawa Timur Irjen Teddy Minahasa yang ditangkap terkait dengan peredaran narkoba ternyata berstatus sebagai pejabat Polri paling tajir.

Berdasarkan laman elhkpn.kpk.go.id menyebutkan bahwa Irjen Teddy memiliki harta mencapai Rp 29.974.417.203, atau sekitar Rp 29,97 Miliar.

Irjen Teddy Minahasa ditangkap usai diamankan Propam Mabes Polri terkait dengan dugaan penjualan narkoba senilai 5 kg.

Narkoba diduga kuat berasal dari hasil penangkapan sabu senilai 41 kg yang diungkap Polres Bukit Tinggi. 

"Saya minta untuk terus dikembangkan dan kemudian berkembang kepada seorang pengedar dan mengarah kepada personil oknum anggota polri berpangkat AKBP, mantan Kapolres Bukit Tinggi. Kita melihat ada keterlibatan Irjen TM," kata Kapolri Lisyo Sigit Prabowo melalui konfrensi pers di Mabes Polri, Jumat (14/10/2022). 

Baca juga: Ditempatkan Sel Khusus, Irjen Teddy Minahasa Terancam PTDH Terkait Kasus Narkoba

Kapolri kemudian memerintahkan Kadiv Propam Mabes Polri untuk melakukan pemeriksaan terhadap Irjen Teddy Minahasa dan sudah dilakukan gelar perkara.

"Tadi pagi telah dilaksanakan gelar untuk menentukan dan saat ini Irjen TM dinyatakan sebagai terduga pelanggar dan sudah dilakukan penempatan khusus," katanya.

Terkait dengan kasus yang menjerat Irjen Teddy Minahasa ini, Kapolri pun kemudian mengeluarkan perintah untuk membatalkan jabatannya sebagai Kapolda Jawa Timur.

Listyo Sigit mengatakan dirinya akan menerbitkan surat telegram (TR) pembatalan tersebut, Jumat malam, dan menunjuk pejabat baru sebagai kapolda Jawa Timur.

"Terkait posisi Irjen TM yang kemarin baru saja kami buatkan TR untuk mengisi jabatan kapolda Jatim, hari ini saya akan keluarkan TR pembatalan dan kami ganti dengan pejabat yang baru," ujar Listyo.

Diketahui total harta kekayaan yang cukup fantastis itu dilaporkan Teddy ke LHKPN pada Maret 2022 saat masih menjabat sebagai Kapolda Sumatera Barat.

Dalam e-LHKPN, Teddy disebutkan memiliki 53 bidang tanah dan bangunan seharga Rp 25.813.200.000. Puluhan tanah dan bangunan itu tersebar di Pandeglang, Pasuruan, Pesawaran, dan Malang.

Kemudian, Teddy juga melaporkan memiliki harta bergerak berupa empat kendaraan. Keempat kendaraan itu di antaranya, Mobil Jeep Wrangler tahun 2016 senilai Rp 750 juta.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X