Pimpin Upacara Harlah Pancasila, Jokowi Ajak Anak Bangsa untuk Membumikan Pancasila

- Rabu, 1 Juni 2022 | 08:46 WIB
Tangkapan Layar Presiden Jokowi (Youtube Sekretariat Presiden)
Tangkapan Layar Presiden Jokowi (Youtube Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2022 di Lapangan Pancasila, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (1/6/2022).

Dalam upacara tersebut, Presiden Jokowi bertindak selaku inspektur upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila. Jokowi pun kemudian mengajak semua anak bangsa untuk dapat membumikan dan mengaktualisasikan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan masyarakat.

"Dari kota Ende, saya mengajak seluruh anak bangsa di manapun berada untuk bersama sama membumikan Pancasila, dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara," kata Jokowi.

Jokowi berujar Kota Ende Nusa Tenggara Timur sangat memiliki sejarah, karena proklamator Pancasila dan sekaligus pendiri bangaa yakni Bung Karno merumuskan Pancasila yang kemudian disahkan PPKI menjadi dasar negara Indonesia.

"Pancasila bukan hanya telah mempersatukan kita semua, Pancasila juga telah menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian-ujian," tutur Jokowi.

BACA JUGA: Hari Lahir Pancasila, Kapolri: Bersatu dan Gotong Royong Melawan Covid-19 

Dikatakan Kepala Negara, Pancasila sudah terbukti terus membuat pondasi yang kokoh bagi bangsa Indonesia. Karena semua sudah sepakat dalam kehidupan berlandaskan dari Pancasila.

Oleh sebab itu, dia kembali mengingatkan agar semua masyarakat dapat mengimplementasikan Pancasila dalam tata kelola pemerintahan, dan menjiwai interaksi antar sesama anak bangsa.

"Tapi saya selalu ingatkan kita harus betul-betul mengamalkan Pancasila dan memperjuangkan Pancasila, dan mewujudkan dalam sistem kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan kita," tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X