Viral Siswa SMP Ponorogo Panjat Tiang Bendera Saat Upacara HUT RI, Begini Kronologinya

- Sabtu, 20 Agustus 2022 | 14:09 WIB
Bocah SMP viral karena memanjat tiang bendera (Gayuh Satria/Z Creators)
Bocah SMP viral karena memanjat tiang bendera (Gayuh Satria/Z Creators)

Seorang siswa SMP di Ponorogo, Jawa Timur mendadak terkenal setelah videonya memanjat tiang bendera di sekolahnya viral. Dalam video tersebut terlihat bendera Merah Putih terjatuh dan tali enggak bisa ditarik. 

Seketika seorang siswa kemudian maju ke depan untuk memanjat tiang bendera. Tanpa aba-aba dan penuh keyakinan siswa tersebut dengan tangan dan kakinya memeluk tiang bendera dan memanjat ke atas untuk melepas tali yang tersangkut. 

-
Rafel (kanan) dan kepala SMPN 2 Ngrayun menunjukkan video viral (Gayuh Satria/Z Creators)

Anak tersebut bernama Muhammad Rafel Oktaviano (13), ia adalah siswa SMPN 2 Ngrayun, Kecamatan Ngrayun,  Kabupaten Ponorogo. Siswa yang kerap dipanggil Rafel tersebut saat ini masih duduk di kelas VIII SMP. 

-
Rafel mengaku sudah biasa memanjat (Gayuh Satria/Z Creators)

Rafel menuturkan jika ia secara spontanitas memanjat tiang bendera karena melihat bendera Merah Putih jatuh dan salah satu ujung talinya tersangkut di ujung tiang. Begitu pembina upacara menyuruh balik kanan peserta upacara karena terjadi insiden, Rafel langsung memanjat tiang. 

“Tidak takut. Karena sudah biasa memanjat,” kata Rafel, Sabtu (20/8/2022). 

Rafel menambahkan kalau dirinya memang sudah terbiasa untuk memanjat. Ketika di rumah ia sering membantu orang tuanya untuk memetik buah kelapa. Sehingga ketika memanjat tiang bendera ia enggak merasa kesulitan sama sekali, meskipun tiang bendera yang terbuat dari besi stainless tersebut hanya memiliki diameter sekitar 10 sentimeter. 

“Sudah terbiasanya memanjat pohon, seringnya pohon pepaya dan pohon pepaya juga,” tutur Rafel. 

-
Rafel diapresiasi oleh pihak sekolah (Gayuh Satria/Z Creators)

Sementara itu, Kepala SMPN 2 Ngrayun, Mistono (52), menceritakan kronologi terkait dengan insiden jatuhnya bendera Merah Putih saat upacara kemerdekaan. Saat bendera sudah mencapai puncak dan lagu Indonesia Raya selesai berkumandang tiba-tiba bendera jatuh.

-
Bendera sempat jatuh saat selesai selesai lagu Indonesia Raya (Gayuh Satria/Z Creators)

Saat bendera jatuh ia bersama guru lain sempat panik karena yang mengikuti upacara saat itu bukan hanya siswa di sekolahnya, namun juga warga sekitar dan beberapa perangkat desa. Begitu bendera jatuh, seorang siswa yang ada di barisan depan tiba-tiba lari menuju tiang bendera dan memanjat.

“Padahal sebelum upacara sudah dilakukan gladi bersih sebanyak dua kali dan enggak ada masalah, ternyata saat upacara ada insiden tersebut,” kata Mistono. 

Sekolah pun mengapresiasi keberanian Rafel. Pihak sekolah pun berjanji memberi beasiswa kepada Rafel hingga ia lulus SMP. Selain beasiswa pihak sekolah juga akan memberikan penghargaan kepada Rafel atas aksi heroiknya menyelamatkan sang saka Merah Putih. 

Artikel menarik lainnya:

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

-
Z Creators

 

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X