Pihak Transjakarta Bantah 60 Unit Bus Mangkrak di Jaktim: Semua Beroperasi Sesuai Jadwal

- Kamis, 15 Desember 2022 | 14:08 WIB
Penampakan puluhan bus Transjakarta yang disebut terbengkalai di Pinang Ranti, Jakarta Timur. (Twitter/@BisKota_)
Penampakan puluhan bus Transjakarta yang disebut terbengkalai di Pinang Ranti, Jakarta Timur. (Twitter/@BisKota_)

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), Anang Rizkani Noor menegaskan, bahwa tidak ada bus TransJakarta yang mangkrak.

Menurutnya, semua bus TransJakarta yang ada saat ini beroperasi sesuai dengan jadwal.

"PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) dengan ini menegaskan bahwa tidak ada bus Transjakarta yang mangkrak, seluruh armada TransJakarta beroperasi sesuai dengan jadwal," ujar Anang saat dikonfirmasi, Kamis (15/12/2022).

Anang menegaskan, bahwa saat angka infeksi COVID-19 tinggi, banyak rute bus TransJakarta yang dikurangi untuk menghambat penularan virus.

Baca Juga: Soal Pergantian Slogan Ibu Kota, Lead Plus Jakarta Pilih Mundur

"Sampai saat ini sebagian besar rute sudah mulai dibuka, akan tetapi masih ada yang masih ditutup, sehingga berdampak kepada adanya beberapa bus yang tidak beroperasi secara penuh," tambah Anang.

Oleh karena itu menurutnya, saat ini bus TransJakarta 70 persen tetap beroperasi dan 30 persen diantaranya sedang dalam perawatan maupun dioperasikan secara bergantian.

"Dengan segala keterbatasan dan kendala di operasional, Transjakarta mengatur agar armadanya tetap berjalan secara bergantian, sehingga sekitar 70 persen beroperasi, sisanya dioperasikan bergantian termasuk untuk perawatan," sambung Anang.

Selain itu, saat ini bus TransJakarta beroperasi pada 216 rute dan terdapat 16 pembukaan rute baru.

"Hingga Desember 2022, Transjakarta beroperasi di 216 rute. Dimana reaktivasi sebanyak 39 rute. Pembukaan rute baru mencapai 16," ujar Anang.

"Transjakarta mengoptimalkan operasi armada bus yang sesuai kebutuhan rute dan penumpang," pungkasnya.

Sebelumnya, pengamat Transportasi, Azas Tigor Nainggolan menyatakan terdapat 60 unit bus TransJakarta mangkrak berjenis Low Entry dengan merk Mercedes Benz dan Scania yang berada di Pinang Ranti, Jakarta Timur.

"Pagi tadi saya mendapatkan pengaduan, beserta data dan beberapa foto kondisi puluhan bus Transjakarta yang mangkrak di pool Transjakarta Pinang Ranti tersebut," ujar Azaz saat dikonfirmasi, Kamis (15/12/2022).

Baca Juga: Ubah Slogan DKI Jakarta, Pj Gubernur Heru: Itu kan Biasa aja!

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X