The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tarif Baru Candi Borobudur Rp750 Ribu, Ketua ASITA Riau: Enggak Realistis!
Wisatawan Riau saat berwisata ke Candi Borobudur (Riki Ariyanto/IDZ Creators)
News

Tarif Baru Candi Borobudur Rp750 Ribu, Ketua ASITA Riau: Enggak Realistis!

Senin, 06 Juni 2022 14:29 WIB 06 Juni 2022, 14:29 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan yang mengumumkan tarif Rp750 ribu untuk naik ke Candi Borobudur mengagetkan banyak pihak. Bahkan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) Riau, Dede Firmansyah turut mengkritisi.

ketua asita riau
Ketua ASITA Riau, Dede Firmansyah (Dok. Pribadi)

Dede Firmansyah menilai wacana tersebut tidak tepat, terlepas dari niat pemerintah untuk revitalisasi kawasan Candi Borobudur. Padahal Borobudur sudah jadi magnet termasuk pelancong dari Riau.

"Wacana tersebut sangat tidak realistis untuk wisatawan lokal atau skala mancanegara. Kita lihat saja ada tarif naik Candi Borobudur itu Rp750 ribu, tapi siswa 5 ribu, itu kan jauh sekali," katanya kepada Tim IDZ Creators, Riki Ariyanto, Senin (6/6/2022).

candi borobudur
Wisatawan Riau berwisata ke Candi Borobudur (Dok. Pribadi)

Dede Firmansyah menyebut orang Riau termasuk salah satu penyumbang jumlah wisatawan ke daerah Candi Borobudur.

"Orang Riau cukup banyak ke Yogyakarta selain dari acara perkantoran hingga pendidikan. Itu kenapa? Karena memang Candi Borobudur termasuk daya tariknya," katanya.

"Saya berfikir harus realistis, karena ini salah satu magnet wisatawan. Kalau mau membatasi pengunjung bisa lewat akses online saja, jadi pendaftaran bisa dikontrol," sebut Dede.

Seperti yang ramai diberitakan tarif baru yang diusulkan untuk naik ke Candi Borobudur yaitu 100 Dolar bagi wisatawan mancanegara, kalau pelancong dalam negeri Rp750 ribu, dan anak sekolah Rp5 ribu.

candi borobudur
Wisatawan Riau saat berkunjung ke Candi Borobudur (Dok. Pribadi)

Alasan pemerintah kebijakan itu dibarengi dengan kucuran dana untuk merevitalisasi dan mempercantik kawasan candi, sehingga perlu pembatasan pengujung.

Wisatawan yang naik ke struktur Candi Borobudur bakal dibatasi cuma 1.200 orang per hari. Hal itu sebab ada rekomendasi dari United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) dan banyak pakar.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini.

IDZ Creators
IDZ Creators

TAG
Rini Puspita
Riki Ariyanto
Riki Ariyanto

Riki Ariyanto

Community Writer
JOIN US
JOIN US