Pesan Ganjar ke Kades: Genjot Penurunan Stunting dan Kemiskinan Ekstrem

- Rabu, 31 Mei 2023 | 13:16 WIB
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menemui Kades se-Jateng. (Dok. Ganjar Pranowo)
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menemui Kades se-Jateng. (Dok. Ganjar Pranowo)

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, menggenjot penurunan angka stunting dan kemiskinan ekstrem dengan menggerakkan kepala desa untuk melakukan percepatan.

Hal itu disampaikan Ganjar, dalam Silaturahmi Akbar bersama Forum Kepala Desa dan Perangkat Desa (FKPD) Dipayudha di Hotel Fox, Kabupaten Banjarnegara pada Selasa (30/5/2023) siang.

Ganjar juga mengupayakan optimalisasi anggaran desa dengan Inpres yang dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur desa.

"Kita memberikan pesan ada target penurunan stunting, kemiskinan ekstrem mesti kita kejar. Tentu inline dengan masa jabatan saya yang berakhir 5 September ini kita genjot," ujar Ganjar, dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga: Demi Budayakan Hidup Sehat, Relawan Ganjar Ajak Warga Kapuas Lakukan Hal Ini

Ganjar menyebutkan, penggenjotan penurunan angka stunting dan kemiskinan ekstrem dari tingkat desa lantaran kepala desa beserta perangkatnya telah menelurkan banyak program dan inovasi.

Hal itu dikarenakan kepala desa menjadi ujung tombak pemerintahan di tingkat terkecil. Sehingga kontrol daerah yang dilakukan jauh lebih mudah dan mencakup seluruh warganya.

-
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. (Dok Ganjar Pranowo)

"Saya mengapresiasi karena banyak desa yang punya inovasi di tingkat desa. Apakah tata kelolanya, apakah fasilitas desa termasuk BUMDesnya, kerja sama antar desa, ini pengalaman yang mesti kita kawal," kata Ganjar.

Kendati demikian, Ganjar juga mendorong kepala desa untuk membuat laporan pertanggungjawaban penggunaan bantuan yang digelontorkan ke desa.

Menurut Ganjar, realisasi bantuan keuangan kepada pemerintah desa belum didukung laporan pertanggungjawaban penggunaan bantuan senilai Rp610,2 miliar.

Baca Juga: Inspiratif, Milenial Loyalis Ganjar Kembangkan Potensi Desa Melalui Bakti Lingkungan

Laporan tersebut menyusul temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, saat menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Provinsi Jawa Tengah.

Untuk Kabupaten Banjarnegara, Ganjar menuturkan telah menyelesaikan laporan 100 persen. Ganjar meminta daerah lain untuk mengikuti Kabupaten Banjarnegara.

"Saya juga ingatkan karena kemarin pemeriksaan BPK itu laporannya ada yang belum sampai, meskipun adminstratif sifatnya, saya minta untuk dikejar. Tapi di Banjarnegara alhamdulillah sudah selesai seratus persen," ucap Ganjar.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X