Proses Pemakaman Menpan RB Tjahjo Kumolo Diiringi Tembakan Salvo

- Jumat, 1 Juli 2022 | 18:35 WIB
Momen pemakaman jenazah Menpan RB Tjahjo Kumolo secara militer di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022). (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)
Momen pemakaman jenazah Menpan RB Tjahjo Kumolo secara militer di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022). (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Jenazah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo, sudah selesai dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jumat (1/7/2022) sore. Proses pemakaman berlangsung khidmat dengan diiringi tembakan salvo.

Dari pantauan Indozone di dalam area makam TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022), proses pemakaman dimulai sekitar pukul 17.35 WIB. Proses pemakaman tidak berlangsung lama.

-
Momen pemakaman Menpan RB Tjahjo Kumolo secara militer di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022). (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah).

Tembakan salvo secara serentak mengiringi prosesi pemakaman. Hal itu merupakan tanda penghormatan militer.

Baca Juga: Jokowi Sampaikan Belasungkawa Mendalam atas Wafatnya Tjahjo Kumolo

Perwakilan keluarga menaruh bunga setelah jenazah Tjahjo Kumolo dikubur. Prosesi pemakaman selesai saat azan Magrib berkumandang.

Inspektur upacara dalam proses pemakaman ini dipimpin oleh Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg) Pratikno. Dalam sambutanya, Pratikno berdoa agar almarhum ditempatkan di tempat yang semestinya.

-
Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg) Pratikno memimpin upacara pemakaman Menpan RB Tjahjo Kumolo secara militer di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022). (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah).

"Semoga jalan darmabakti yang ditempuhnya dapat menjadi suritauladan kita semua dan arwahnya mendapat tempat yang semestinya," kata Pratikno dalam sambutannya.

Menpan RB Tjahjo Kumolo tutup usia pada siang hari ini di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta. Jenazah Tjahjo sempat dibawa ke rumah duka untuk dimandikan, kemudian disalatkan di masjid Kemenpan RB yang berlanjut untuk dimakamkan di TMP Kalibata secara militer.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X