Embung Sumingkir Diresmikan, Puan Minta Dibuatkan Spot Foto bagi Masyarakat

- Rabu, 6 Juli 2022 | 22:18 WIB
Ketua DPR RI turut meresmikan Embung Sumingkir bersama Kementerian PUPR dan Pemda Cilacap (INDOZONE/Harits Tryan)
Ketua DPR RI turut meresmikan Embung Sumingkir bersama Kementerian PUPR dan Pemda Cilacap (INDOZONE/Harits Tryan)

Dalam rangkaian kunjungan kerja (Kunker) ke Cilacap, Jawa Tengah, Ketua DPR RI Puan Maharani turut meresmikan Embung Sumingkir bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Pemda Cilacap, Rabu (6/7/2022). 

Beberapa harapan dan pesan disampaikan Puan dalam peresmian Embung Sumingkir. Di mana ia berujar Embung Sumingkir sangat memberikan dampak positif kepada masyarakat sekitar, terutama mayoritas penduduk di sana bekerja sebagai petani.

“Embung sumingkir sangat bermanfaat di wilyah Cilacap karena dengan adanya embung suplai irigasi yang dibutuhkan akan menguatkan sektor pertanian kita apalagi di desa Sumingkir sebagian besar mata pencariannya petani,” kata Puan di lokasi, Rabu (6/7/2022).

Disebutkan Puan, berdasarkan informasi yang diterima dari Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji, bahwa Embung Sumingkir membuat panen pada yang tadinya hanya satu kali dalam setahun, kini beranjak menjadi tiga kali.

Atas hal itu, Puan optimis Embung ini bisa menjaga agar desa Sumingkir tetap menjaga kedaulatan dan ketahanan pangan di Indonesia.

“Dan apa yang kita hasilkan ini memang bisa bermanfaat secara maksimal agar desa Sumingkir, Kabupaten Cilacap menjaga kedaulatan dan ketahanan pangan di Indonesia,” harap Puan.

Baca Juga: Melihat Kawasan Jalan Soekarno di Purwokerto yang Baru Diresmikan Puan Maharani

Minta Siapkan Spot Foto

Dalam kesempatan itu, Puan juga meminta kepada pemerintah daerah setempat agar disedikan spot foto bagi masyarakat di sekitar Embung Sumingkir. 

Karena dia ingin Embung Sumingkir bisa menjadi ikon tempat wisata yang bisa dikunjungi masyarakat saat ke desa Sumingkir Kabupaten Cilacap.

“Saya minta ada tempat spot foto kalo dayent kesini. Nanti coba Pemda dicari misalnya spot enggak hanya ke embung ke gunung atau ke sawah. Biar masyarakay bisa piknik,” tuturnya.

Sekedar informasi, Embung Sumingkir dibangun oleh pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada April sampai Desember 2021.

Biaya pembangunan Embung Sumingkir sebesar Rp 14 miliar. Embung Sumingkir mempunyai luas sebesar 1,16 hektar dengan daya tampung air 32.425 meter persegi.

Manfaat dari Embung Sumingkir adalah bisa mengirigasi sawah mencapi 50 hektar. Intens tanaman 105 sampai 215%.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X