Mahasiswa Brawijaya Buat Produk Perawatan Rambut dari Bulu Ayam

- Rabu, 3 Juli 2019 | 10:01 WIB
Instagram/@provid.go
Instagram/@provid.go

Kreativitas mahasiswa Indonesia memang tidak diragukan lagi, seperti halnya lima mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya di Malang, Jawa Timur.

Kelima mahasiswa ini membuat inovasi produk perawatan rambut dari bahan dasar bulu ayam dan daun apu-apu (Pistia stratiotes) ditambah lidah buaya, bubuk cokelat, dan cuka apel.

Mereka adalah Agatha Kristy Dwi Yanti, Naufal Abiyyu, Fajrina Malkha Aisya, Izzah Linatul Khariroh, dan Alvu Sya'ban Al Kareem. Adapun produk inovasi itu dinamai PROVID dengan bimbingan dosen Muhammad Fakhri.

-
Instagram/@provid.go

"PROVID merupakan sebuah produk keratin treatment (perawatan keratin) alami berbahan dasar bulu ayam dan daun apu-apu dengan bahan penunjang lidah buaya, bubuk cokelat dan cuka apel," kata Alvu di Malang, Rabu (3/7).

Alvu menjelaskan, bahan dasar bulu ayam yang digunakan mengandung keratin yang bisa menjaga kutikula rambut tetap kuat. Sedangkan, ekstrak daun apu-apu mengandung flavonoid dan terpenoid untuk membuat efek perawatan rambut bertahan lama.

-
Instagram/@provid.go

Lebih lanjut, dia mengatakan, bahan tambahan berupa lidah buaya digunakan untuk mengatasi ketombe, menjaga pH, dan mempercepat pertumbuhan rambut. Sementara, bubuk cokelat menjadi pewarna alami dan pemberi bau wangi pada PROVID. Kemudian, cuka apel sebagai pengganti formalin untuk melemahkan ikatan hidrogen dan garam pada rambut.

Produk perawatan rambut itu lebih aman karena tidak menggunakan formalin. PROVID telah diuji oleh para dosen, mahasiswa, dan pemilik salon. Bahkan, produk itu sudah dipasarkan melalui toko online.

-
Instagram/@provid.go

Karya kelima mahasiswa ini berhasil meraih medali perunggu dalam kategori inovasi terbaik pada ajang Young Scientiest International Seminar and Expo (YSIS) 2019

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X