Mengapa Saat Haid Mengalami Nyeri?

- Selasa, 2 Juli 2019 | 11:56 WIB
Ilustrasi/Shutterstock
Ilustrasi/Shutterstock

Banyak wanita yang merasakan nyeri saat sedang haid atau menstruasi. Menstruasi terjadi ketika lapisan dinding rahim (endometrium) yang menebal luruh karena tidak adanya pembuahan sel telur.

Siklus menstruasi pada tiap wanita berbeda-beda, biasanya terjadi antara 23 hingga 35 hari. Tapi, rata-rata siklus menstruasi perempuan yaitu bekisar 28 hari.

Ada tiga fase dalam siklus menstruasi, yakni fase menstruasi, fase praovulasi dan ovulasi serta fase pramenstruasi. Di fase pertama, lapisan dinding rahim meluruh jadi darah menstruasi.

Jumlah darah yang keluar saat menstruasi sendiri berkisar antara 30-40 ml pada tiap siklus. Nyeri haid terjadi saat darah menstruasi keluar dalam jumlah banyak pada hari pertama hingga ketiga haid.

Nyeri haid biasanya akan dirasakan di bagian panggul, kaki dan punggung. Nyeri perut biasanya dirasakan ketika awal haid karena kontraksi dalam rahim. Meskipun begitu, namun kontraksi yang terjadi saat haid ternyata ada fungsinya.

Meski menyebabkan rasa sakit, kontraksi yang terjadi selama menstruasi sebetulnya berfungsi membantu mendorong dan mengeluarkan lapisan dinding rahim yang luruh menjadi darah menstruasi.

Di fase praovulasi, lapisan dinding rahim mulai menebal. Lapisannya cukup tipis dan bisa dilewati sperma dengan mudah. Jika ingin mempunyai momongan, sebaiknya lakukan hubungan intim pada masa praovulasi.

Fase ini tidak selalu terjadi pada hari ke-14 sejak siklus pertama. Masa ovulasi tiap perempuan biasanya berbeda-beda, hal itu tergantung dengan siklus menstruasi juga faktor seperti stres, sakit, diet dan juga olahraga.

Fase ketiga ialah fase pramenstruasi di mana dinding rahim akan semakin menebal.

Apabila sedang tidak ada pembuahan, perempuan bisa merasakan gejala pramesntruasi seperti emosi yang lebih sensitif atau perubahan kondisi fisik seperti nyeri payudara, kembung dan menjadi mudah lelah.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X