Ternyata, Pluto Bukan Satu-satunya yang Menjadi Planet Kerdil
Dok. NASA
News

Ternyata, Pluto Bukan Satu-satunya yang Menjadi Planet Kerdil

Selasa, 14 Januari 2020 13:20 WIB 14 Januari 2020, 13:20 WIB

INDOZONE.ID - Pluto kini bukanlah sebuah planet, melainkan hanyalah sebuah planet dwarf. Namun, Pluto bukan satu-satunya planet yang 'turun tingkat'. Ada banyak planet lainnya yang mengalami nasib yang sama seperti Pluto.

Beberapa diantaranya seperti Ceres, Pallas, Juno dan Vesta. Namun pada akhirnya, semua planet tersebut dianggap oleh astronom hanya sebagai Asteroid.

Selain itu, Astraea, Hebe, Flora, Metis, Parthenope, Victoria, Egeria, Irene, dan Eunomia sempat teridentifikasi sebagai planet. Hingga akhirnya ke-9 planet ini hanya dianggap asteroid oleh para astronom.

Tata Surya
Posisi dan urutan planet di Tata Surya (indocropcircles.wordpress)

Asteroid sendiri merupakan planet minor atau planetoid yang ukurannya lebih kecil dari planet namun lebih besar dari meteroid. Pada tahun 2006 silam, Ceres, Haumea, Makemake, Eris dan pluto disebut sebagai planet katai.

pluto
Pluto (Dok. NASA)

Pada tahun 2018, para ilmuwan dari Southwest Research Institute (SwRI), organisasi nirlaba asal Texas, AS, menggabungkan data dari NASA dan European Space Agency (ESA) untuk menjelaskan apa sebenarnya status Pluto saat ini. Mereka mengatakan bahwa Pluto adalah sebuah komet raksasa.

Yang mengejutkannya, Matahari dan Bulan juga pernah dianggap sebagai planet. Hal tersebut dikarenakan Ptolemaic Model yang mempercayai bumi menjadi pusat dari tata surya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina
Dina

Dina

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU