Pemprov DKI Mulai Pembangunan Pengolahan Limbah di Karet Setiabudi

- Minggu, 8 Desember 2019 | 20:30 WIB
photo/ANTARA/Livia Kristianti
photo/ANTARA/Livia Kristianti

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan baru saja meresmikan pembangunan fasilitas Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Krukut, Karet Setiabudi, Jakarta Selatan, Minggu (8/12).

Tak hanya untuk pengolahan limbah, fasilitas ini juga dilengkapi sarana edukasi dan hiburan. 

Pembangunan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) ini menggunakan teknologi terbaru bernama Moving Bed Biofilm Reactor (MBBR).

Teknologi MBBR ini nantinya diklaim Direktur Utama PD Pal Jaya Subekti selaku pengelola MBBR Krukut dapat mengolah air limbah secara seratus persen menjadi air yang dapat kembali digunakan untuk kegiatan masyarakat.

"Dengan teknologi MBBR ini pengolahan (air limbah) hasilnya itu sudah menjadi air bersih, dan rencana recycle 100 persen nanti akan kita recycle," kata Subekti saat ditemui usai peletakan baru pertama MBBR Krukut, Minggu (08/12).

Nantinya IPAL MBBR Krukut yang direncanakan rampung pada pertengahan 2021 akan mengolah air limbah yang mengalir dari kawasan Senayan, SCBD, Gatot Soebroto, hingga Bendungan Hilir.

Lebih lanjut, Subekti menyebut MBBR Krukut nantinya didirikan secara vertikal karena kurang lahan di wilayah DKI jakarta dan didesain dengan konsep fasilitas edutaintment atau wahana pembelajaran bagi masyarakat umum.

IPAL dengan teknologi MBBR di Krukut ini akan dibangun dibangun menjulang 20 meter ke atas dengan luas lahan 1200 meter persegi.

Teknologi ini memiliki kapasitas sebesar 8640 meter kubik, maka perharinya akan menghasilkan 100 liter per detik, yang dinilai sangat cukup untuk pengolahan limbah skala kota.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X