The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Situasi Wamena Kondusif, Kapolda Papua: Aktivitas Warga Sudah Normal
Aktivitas warga di Wamena, Papua, sudah berangsur normal setelah situasi di sana kondusif. (Dok. Divisi Humas Mabes Polri)
News

Situasi Wamena Kondusif, Kapolda Papua: Aktivitas Warga Sudah Normal

Kapolda Papua meminta pengungsi untuk kembali ke Wamena.

Senin, 07 Oktober 2019 10:22 WIB 07 Oktober 2019, 10:22 WIB

INDOZONE.ID - Situasi di Wamena, Papua, hingga saat ini terpantau kondusif. Masyarakat tampak mulai beraktivitas seperti biasa.

Hal ini disampaikan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw setelah berkeliling Kota Wamena, Minggu (6/10). Dia mengatakan, kegiatan sekolah dan perkantoran di Pemerintah Kabupaten Jayawijaya berlangsung normal pada Senin (7/11).

"Bupati dan Aparatur Sipil Negara (ASN) akan memulai aktivitas pemerintahan esok hari (Senin, red), sambil melakukan recovery dan rehabilitas. Semua aktivitas warga harus sudah bergerak," kata Paulus.

Berdasarkan pantauan Paulus, kegiatan warga di Wamena sudah mulai normal. Pasar, kios dan toko-toko sudah mulai buka seperti biasa. 

Arus lalu lintas pun sudah mulai ramai dengan aktivitas masyarakat setempat. 

Situasi Wamena Sudah Kondusif
Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw berdiskusi dengan warga di Wamena saat berkeliling memantau situasi pada Minggu (6/10). (Dok. Divisi Humas Mabes Polri)

Pria berusia 54 tahun itu juga mengatakan, warga yang ada di pengungsian sudah mulai berkurang. Dia juga mengajak pengungsi yang masih ada di Polres dan Kodim Jayawijaya untuk kembali ke rumah karena kondisi sudah aman. 

"Silahkan kembali beraktivitas, kembali ke rumah masing-masing. Kami aparat keamanan, Brimob, TNI dari Batalyon dan Kodam sudah berada di Wamena. Pengamanan kami berlapis. Warga diharapkan lebih tenang dan kembali beraktivitas seperti semula," tuturnya. 

Tak hanya itu, Paulus juga mengajak warga yang mengungsi ke Jayapura atau daerah lain, untuk kembali. Pria kelahiran Kabupaten Farfak ini berharap masyarakat bisa kembali menghidupkan perekonomian di Wamena yang sempat mati akibat kerusuhan. 

"Aparat ada di Wamena untuk menjaga warga, termasuk menjaga sekolah," kata Paulus. 

Untuk membuat situasi Wamena tetap kondusif, aparat keamanan sudah menambah satu kompi Brimob yang didatangkan dari Kalimantan Timur pada Minggu (6/10) pagi. Penambahan anggota Brimob dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga setempat.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
JOIN US
JOIN US