357 Titik Panas, Kota Sampit Diselimuti Asap Tebal

- Jumat, 6 September 2019 | 09:32 WIB
Kabut asap di Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur. (Antara/Norjani)
Kabut asap di Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur. (Antara/Norjani)

Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Kalimantan Tengah, membuat Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, diselimuti oleh kabut asap tebal. Kondisi ini sangat mengganggu masyarakat dan berpotensi membuat warga terserang inspeksi pernapasan akut (ISPA).

"Pagi ini jarak pandang di sekitar Bandara H Asan hanya 50 meter," kata Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Haji Asan Sampit Nur Setiawan, di Sampit, Jumat (6/9).

Kabut asap semakin parah mengakibatkan jarak pandang sangat pendek. Di beberapa lokasi kawasan dalam kota seperti Jalan HM Arsyad dan Sudirman dan Achmad Yani, jarak pandang hanya berkisar 10 hingga 20 meter.

Kawasan Sungai Mentaya juga diliputi asap tebal. Bahkan kawasan seberang sungai tidak terlihat lantaran tertutup tebalnya asap kebakaran lahan.

Sebagian besar warga yang beraktivitas menggunakan masker agar tidak terhirup asap bercampur debu kebakaran lahan. Sementara, untuk mencegah kecelakaan lalu lintas, pengendara menyalakan lampu dan mengurangi kecepatan.

"Kemungkinan (asap) ini agak lama, karena di sekitar Kota Sampit sendiri banyak titik panas," kata Nur Setiawan.

Pada Kamis (5/9), tercatat hampir 300 titik panas, sedangkan Jumat (6/9) bertambah menjadi 347 titik panas. Kabut asap ini diduga akibat bertambahnya titik api yang terpantau di wilayah Kotawaringin Timur.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X