BJ Habibie, Contoh Nyata Buat Milenial dalam Pendidikan dan Asmara

- Kamis, 12 September 2019 | 17:01 WIB
Almarhum Presiden Ketiga Republik Indonesia BJ Habibie. (Antara/Rangga Pandu)
Almarhum Presiden Ketiga Republik Indonesia BJ Habibie. (Antara/Rangga Pandu)

Presiden Joko Widodo menyebut almarhum Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie sebagai sosok suri tauladan. Menurutnya, Presiden Ketiga Republik Indonesia itu patut dijadikan contoh untuk semua kalangan, termasuk generasi milenial.

Ada banyak hal yang bisa ditiru dari sosok BJ Habibie. Mulai dari kegigihan, kemauan, semangat pantang menyerah dan daya juang yang dimilikinya.

Selain itu, BJ Habibie juga dikenal sebagai sosok yang cerdas dan menginspirasi. Bahkan ada jargon, belajarlah yang rajin agar bisa seperti Pak Habibie.

Berdasarkan beberapa sumber yang dihimpun Indozone, BJ Habibie merupakan jebolan Fakultas Teknik Institut Teknologi Bandung (dulu Universitas Indonesia Bandung) pada 1954. Setelah itu dia melanjutkan studi teknik penerbangan, spesialisasi konstruksi pesawat terbang, di RWTH Aachen, Jerman.

Mantan Menteri Riset dan Teknologi itu menerima gelar diploma ingenieur pada 1960 dan gelar doktor ingenieur pada 1965 dengan predikat summa cum laude. BJ Habibie bahkan sempat diberitakan memiliki IQ tertinggi di dunia.

-
Almarhum Presiden Ketiga Republik Indonesia BJ Habibie. (Instagram/@ridwankamil))

Putra pertama BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie, mengungkapkan sang ayah sangat senang belajar. Bahkan, lanjut Ilham, sosok BJ Habibie tetap belajar hingga akhir hayatnya. 

"Bapak selalu mempelajari tantangan baru dan memberikan solusi terbaik dari masalah tersebut," kata Ilham Habibie pada acara pemakaman di Taman Makan Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Kamis (12/9).

Tetap Setia Hingga Akhir Hayat

Tak hanya dari sisi pendidikan, dari kisah cinta BJ Habibie pun memberikan contoh yang luar biasa. Perjalanan cinta BJ Habibie dengan Hasri Ainun Besari tak kalah romantis jika dibandingkan kisah asmara Romeo dan Juliet.

Pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan pada 25 Juni 1936 ini dikenal sebagai sosok yang romantis dan setia. Cintanya kepada Ainun menginspirasi banyak orang.  

-
BJ Habibie dan Hasri Ainun Besari bukti nyata cinta sejati itu benar ada. (Antara/Ismar Patrizki)

Ainun, diakui Habibie, telah menjadi api yang selalu membakar semangat dan jiwanya dalam menjalani hidup. Sejak Ainun meninggal dunia pada 22 Mei 2010 di rumah sakit Ludwig Maximilian University (LMU) Muenchen, Jerman, Habibie masih merasa Ainun berada di sisinya. 

"Dulu saya takut mati, tapi sekarang tidak, karena yang pertama menemui saya adalah Ainun," kata Habibie dalam sebuah acara talkshow di televisi yang dipandu Najwa Shihab pada 27 Juni 2016. 

-
Mendiang Presiden Ketiga Republik Indonesia BJ Habibie. (Antara/Rivan Awal Lingga)

Cinta terhadap Ainun terus dibawa BJ Habibie hingga akhir hayatnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X