Mantap! Perwira TNI Sukses Daki 7 Puncak Sembalun Termasuk Gunung Rinjani, dalam 5 Hari

- Minggu, 6 Juni 2021 | 12:30 WIB
Letkol Laut (T) Andry Kuswoyo berhasil mencapai tujuh puncak bukit termasuk Gunung Rinjani (Istimewa)
Letkol Laut (T) Andry Kuswoyo berhasil mencapai tujuh puncak bukit termasuk Gunung Rinjani (Istimewa)

Letkol Laut (T) Andry Kuswoyo berhasil menaklukkan 7 puncak bukit, termasuk Gunung Rinjani, NTB, dalam waktu lima hari, dari 31 Mei sampai 4 Juni 2021.

"Alhamdulillah, saya bisa tuntaskan untuk mencapai Sembalun Seven Summit (S7S) dalam waktu lima hari. Dan mungkin saya satu-satunya finisher pertama dari unsur TNI-Polri," katanya, Sabtu (5/6/2021).

Andry melakukan ekspedisi penaklukkan tujuh puncak Sembalun itu, termasuk Gunung Rinjani, ditemani 22 alumni IPDN.

Tujuh puncak yang harus dilewati dalam Sembalun Seven Summit adalah puncak Gunung Rinjani dengan ketinggian 3.726 meter dari permukaan laut atau mdpl, puncak Sempana 2.329 mdpl.

Kemudian puncak Gedong Lembah 2.200 mdpl, puncak Kondo 1.934 mdpl, puncak Anak Dara 1.923 mdpl, puncak Pergasingan 1.806 mdpl, dan puncak Bao Ritip 1.500 mdpl.

Menurutnya, bukit yang paling direkomendasikan untuk jadi pariwisata nasional adalah Bukit Kondo, karena mudah dijangkau untuk wisata keluarga.

"Bukit yang paling berkesan, yakni Bao Ritip, yang punya ketinggian 1.500 Mdpl. Luar biasa, itu yang paling keren, pokoknya luar biasa. Kalau nggak percaya datang dan buktikan sendiri sensasinya," katanya.

"Orang tidak boleh tahu hanya sekadar Rinjani, ada enam bukit yang harus diselesaikan," katanya.

Sembalun memang cukup unik karena pegunungannya memiliki suasana khas tersendiri.

"Saya menyebutnya punggungan naga, maksud saya bukit yang satu menjadi satu kesatuan tidak terpisahkan. Jadi, bukit, kita naik lagi bukit, bukit, bukit dan savananya. Kita melihat Rinjani itu paket lengkap," katanya.

Dia juga bertekad mengikuti lagi ajang Sembalun Seven Summit dan menaklukkannya dalam tiga hari.

Sejak diresmikan oleh Gubernur NTB pada 25 Oktober 2020, Sembalun Seven Summit telah menyita banyak perhatian wisatawan, terutama mereka yang bertekad menaklukkan tujuh puncak bukit.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X