1 dari 4 KKB yang Baru Ditangkap Ternyata Kepala Distrik Wusama

- Rabu, 1 September 2021 | 16:49 WIB
Personel TPNPB. (Dok TPNPB-OPM)
Personel TPNPB. (Dok TPNPB-OPM)

Satgas Nemangkawi baru saja berhasil menangkap empat Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terkait kasus pembantaian dua pegawai PT Indo Papua. Ternyata, satu dari empat KKB itu merupakan Kepala Distrik Wusama.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal menyebut KKB pertama yang ditangkap berinisial HH, sopir dari mobil mencurigakan. Dari keternagan HH, ada anggota KKB lain di kediaman Kepala Distrik Wusama.

"Penyidik Polres Yahukimo melakukan pemeriksaan dan didapati informasi bila ada belasan orang terkait dengan KKB tengah berada di rumah Kepala Distrik Wusama berinisial EB (38)," kata Kamal dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Rabu (1/9/2021).

Petugas kemudian melakukan penangkapan dikediaman EB. Di sana, petugas menangkap EB dan dua orang lainnya.

Lebih jauh Kamal menyebut EB berperan sebagai dalang insiden pembantaian dua pegawai PT Indo Papua. Tak sampai disitu, EB juga berperan menyokong dana untuk KKB.

"Peran Etius Baye (38) yang merupakan Kepala Distrik Wusama berperan sebagai otak dan penyandang dana untuk aktifitas KKB," beber Kamal.

Seperti diketahui, dua pegawai PT Indo Papua tewas usai dibantai pada Minggu, 22 Agustus 2021 kemarin. Mereka dibantai dengan cara dibakar di Sungai Brazza, Kampung Kribun, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua.

Kedua pegawai itu diketahui bernama Rionaldo Raturoma dan Dedi Imam Pamungkas. Keduanya berkerja membangun jembatan di Singai Brazza.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X