The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Gara-gara Galang Dana untuk Ultah Jimin, Weibo Beri Hukuman ke Fans BTS
Pesawat bergambar Jimin BTS dari penggemar. (Allkpop via KSEORIN_B71)
News

Gara-gara Galang Dana untuk Ultah Jimin, Weibo Beri Hukuman ke Fans BTS

Dilarang unggah sesuatu.

Senin, 06 September 2021 15:50 WIB 06 September 2021, 15:50 WIB

INDOZONE.ID - Platform media sosial asal Tiongkok, Weibo melarang akun klub penggemar BTS mengunggah apapun selama 60 hari. Larangan tersebut dikeluarkan setelah klub tersebut diketahui mengumpulkan dana secara ilegal.

Beberapa hari yang lalu, foto-foto pesawat khusus yang didanai oleh klub penggemar BTS diunggah dan menjadi perhatian. Dilansir dari Channelnewsasia, Senin (6/9/2021), akun yang memiliki lebih dari 1,1 juta pengikut di Weibo itu berpusat pada salah satu anggota BTS, Jimin.

Foto-foto pesawat khusus dari Jeju Air dengan gambar Jimin di atasnya itu beredar secara online pada minggu lalu. Pesawat itu adalah bagian dari rencana klub penggemar itu untuk merayakan ulang tahun Jimin yang ke-26 pada Oktober mendatang.

Aksi tersebut pun menuai kritik secara online karena dinilai berlebihan. Weibo sendiri langsung membuat pernyataan pada Minggu (5/9/2021) bahwa akun klub tersebut dilarang mengunggah apapun selama 60 hari setelah ditemukan telah mengumpulkan dana secara ilegal.

"Weibo dengan tegas menentang perilaku mengejar bintang yang tidak rasional dan akan menanganinya dengan serius," kata pernyataan tersebut.

Menurut Global Times, dana yang dikumpulkan mencapai US$150 ribu (setara dengan Rp5,1 juta dalam satu jam pertamanya. Klub tersebut juga berencana memasang iklan untuk merayakan ulang tahun Jimin di surat kabar seperti The New York Times.

Pembatasan yang diambil Weibo itu terjadi di tengah kampanye Tiongkok untuk membersihkan industri hiburan dan menekan "perilaku irasional" yang ditunjukkan oleh penggemar.

BACA JUGA: Di Korea Selatan, Pelaku Pelecehan Seksual Dipasangi Gelang Kaki

Presiden Tiongkok, Xi Jinping menyerukan "peremajaan nasional" dengan kontrol Partai Komunis yang lebih ketat terhadap bisnis, pendidikan, budaya, dan agama.

Sejak saat itu, partai tersebut pun telah mengurangi akses anak-anak ke game online dan berusaha mencegah sesuatu yang dianggap sebagai perhatian tidak sehat terhadap selebriti.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Utami Evi Riyani
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US