The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mengenal 3D Laser Scanning, Metode yang Dipakai Polisi Ungkap Penyebab Kecelakaan TJ
Kecelakaan bus Transjakarta. (Twitter/@TMCPoldaMetro)
News

Mengenal 3D Laser Scanning, Metode yang Dipakai Polisi Ungkap Penyebab Kecelakaan TJ

Selasa, 26 Oktober 2021 17:07 WIB 26 Oktober 2021, 17:07 WIB

INDOZONE.ID - Polisi akan menggunakan 3D Laser Scanning, sebuah metode yang digunakan untuk mengungkap penyebab terjadinya kecelakaan bus TransJakarta (TJ) di MT Haryono, Jakarta Timur.

Dengan metode tersebut, maka akan tergambar bagaimana simulasi kronologi kejadian kecelakaan secara terperinci.

Mengenal 3D Laser Scanning

3D Laser Scanning merupakan metode yang digunakan untuk menangkap dimensi serta bentuk objek fisik dengan memakai cahaya laser secara akurat, lalu dipindahkan ke dalam perangkat komputer dalam bentuk 3D.

Metode ini biasanya digunakan dalam dunia teknik perancangan serta permodelan untuk kebutuhan pembangunan. Namun tak menutup kemungkinan dapat digunakan oleh kepolisian untuk mengetahui kronologi dalam sebuah kecelakaan lalu lintas.

3D Laser Scanner akan mengukur setiap detail objek serta menangkap bentuk-bentuk besar dengan cepat yang dapat menghasilkan point cloud secara akurat.

Selain itu, 3D Laser Scanner bisa membuat point cloud dari permukaan objek yang dipindai dalam bentuk geometric. Kemudian titik tersebut  digunakan untuk rekonstruksi bentuk dari objek yang dipindai.

Pada dasarnya, alat tersebut sangat mirip dengan kamera karena memiliki medan pandang semacam kerucut dan hanya bisa mengumpulkan informasi tentang permukaan yang terkena cahaya.

Kamera bekerja dengan mengumpulkan informasi warna permukaan di jarak pandangnya, sebaliknya 3D laser scanner bisa mengumpulkan informasi jarak permukaan di jarak pandangnya sehingga hasil sketsanya membagikan informasi jarak tiap titik pada permukaan tersebut.

Selain itu, 3D Laser Scanner juga dapat memotret yang dapat memudahkan jika sedang melakukan survey pada suatu objek, misalnya bangunan. Dengan 3D Laser Scanner, maka dapat mengambil gambar dengan jelas.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Nanda
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
Nanda

Nanda

Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US