The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Politisi Demokrat Dukung Menpan RB yang Minta ASN Masuk Komponen Cadangan
Anggota Komisi II DPR RI Fraksi Partai Demokrat, Anwar Hafid. (Instagram/@anwarhafid14)
News

Politisi Demokrat Dukung Menpan RB yang Minta ASN Masuk Komponen Cadangan

Agar memiliki jiwa militansi tinggi.

Rabu, 29 Desember 2021 14:37 WIB 29 Desember 2021, 14:37 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo meminta kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mendukung pertahanan negara sebagai wujud bela negara.Dukungan tersebut dilakukan dengan turut serta dalam pelatihan Komponen Cadangan Nasional.

Anggota Komisi II DPR RI Fraksi Partai Demokrat Anwar Hafid mengatakan, dirinya sangat mendukung gagasan yang dibuat oleh Menpan RB Tjahjo Kumolo.

“Saya sangat mendukung gagasan tersebut,” kata Anwar saat dihubungi Indozone, Rabu (29/12/2021).

Anwar memandang, keikutsertaaan ASN dalam pelatihan Komponen Cadangan Nasional para ASN bisa memiliki jiwa militansi tinggi dalam mengemban tugas.

Baca juga: Menpan RB Minta ASN untuk Masuk Komponen Cadangan

“Setidaknya dengan melalui pelatihan bela negara, ASN akan memiliki jiwa militansi yang tinggi dalam mengemban tugas sebagai pelayan masyarakat,” jelas Anwar.

Lebih lanjut Anwar berujar, imbauan kepada ASN untuk bela negara melalui pelatihan Komponen Cadangan Nasional  ini diharapkan menanamkan semangat NKRI yang kuat.

“Kedua dengan pelatihan bela negara akan tertanam semangat NKRI yang kuat dalam diri mereka, sehingga dimana pun di tempatkan tidak menjadi masalah,” ucap Anwar.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo meminta kepada Aparatur sipil negara (ASN) untuk mendukung pertahanan negara sebagai wujud bela negara.

Adapun dukungan tersebut dengan mengambil peran dalam pelatihan Komponen Cadangan Nasional. Peran ASN sebagai Komponen Cadangan tersebut tertera pada Surat Edaran Menteri PANRB No. 27/2021 tentang Peran Serta Pegawai ASN sebagai Komponen Cadangan dalam Mendukung Upaya Pertahanan Negara.

Dengan demikian, ASN diharapkan bergabung dalam pasukan Komponen Cadangan sebagaimana program Kementerian Pertahanan yang membuka kesempatan seluruh warga negara Indonesia untuk bergabung dalam Komponen Cadangan Nasional.

“SE ini diperuntukkan bagi Pegawai ASN agar ikut serta dalam Pelatihan Komponen Cadangan dalam rangka mendukung upaya pertahanan negara,” bunyi SE yang ditandatangani Tjahjo tersebut dilihat Indozone, Rabu (29/12/2021).

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Gema Trisna Yudha
Fitri
Harits Tryan Akhmad
JOIN US
JOIN US