Dinas LH DKI: Kualitas Udara Jakarta Didominasi Kondisi Tidak Sehat

- Kamis, 30 Desember 2021 | 19:16 WIB
Ilustrasi - suasana jalan ruas Tol Jakarta-Merak (ANTARA FOTO/Fauzan)
Ilustrasi - suasana jalan ruas Tol Jakarta-Merak (ANTARA FOTO/Fauzan)

Kepala Bidang Pengendalian Dampak Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta Yusiono, menyebutkan bahwa kualitas udara di ibu kota secara umum masuk ke dalam kategori sedang dan tidak sehat. 

"Secara umum bahwa di DKI Jakarta didominasi oleh kondisi sedang dan kondisi tidak sehat," ucapnya dalam diskusi virtual Balkoters Talks berjudul ‘Tekan Emisi, Jakarta Bebas Polusi’, Kamis (30/12/2021). 

Kendati demikian, anak buah Gubernur DKI Anies Baswedan ini mengklaim bahwa kualitas udara di Jakarta berangsur terus membaik setiap tahunnya, yakni dari 2012 hingga 2020. 

Baca Juga: Terus Meningkat, Dinas LH DKI Catat Ada 465.048 Kendaraan yang Telah Uji Emisi

"Meskipun ada di tahun-tahun tertentu itu ada kondisi sangat tidak sehat, dan trennya kita bisa melihat di sini bahwa di tahun 2020 dominasinya itu oleh kategori sedang," terang Yusiono. 

Jika melihat pada kualitas udara pada tahun ini, Yusiono mengatakan bahwa kondisinya masih dalam kategori sedang, yakni dapat diartikan aman untuk masyarakat melakukan berbagai kegiatan di luar ruangan. 

"Dimana kami menghitungnya dari bulan Januari sampai dengan Desember tahun 2021 ini, dominasinya adalah di warna biru yaitu kondisinya sedang," ungkapnya. 

"Artinya apa, sedang ini kondisi dimana aman untuk melakukan aktivitas di luar ruangan," tandas Yusiono.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X