Sengketa Laut China Selatan Memicu Kritik Pedas dari Menteri Luar Negeri Filipina

- Selasa, 4 Mei 2021 | 12:58 WIB
Menlu Filipina yang beri kritikan pedas pada kapal China (wikipedia)
Menlu Filipina yang beri kritikan pedas pada kapal China (wikipedia)

Menteri Luar Negeri Filipina membandingkan China dengan orang bodoh yang jelek dan meminta Beijing untuk keluar dari Laut China Selatan dengan kata-kata kasar di Twitter. Namun, tweet tersebut sudah dihapus.

Teodoro Locsin Jr. mengancam China dan memerintahkan Xi Jinping untuk memindahkan kapal penjaga pantai China keluar dari perairan yang disengketakan di tengah ketegangan antara dua negara ini.

Ia mengusir China dengan Kalimat 'Get The Fuck Out'. Teodoro Locsin Jr. memang sangat terkenal sangat vocal mengkritik Beijing di bawah pemerintahan Presiden Rodrigo Duterte yang tampak dekat dengan Xi Jinping.

Dalam kritiknya Locsin juga menyebut 'pembicaraan diplomatik ramah tamah tak membuahkan hasil'. Dia juga menyamakan China dengan 'orang bodoh dan jelek yang kerap memaksakan kehendak pada pria tampan yang hanya ingin jadi teman'.

Kedua negara telah bentrok di Laut Cina Selatan, area seluas 1,4 juta mil persegi di mana perdagangan global bernilai sekitar $ 3 triliun melewati setiap tahun.

-
Tweet kasar menlu Filipina kepada China (Ist)

China mengklaim hampir seluruh wilayah, berdasarkan wilayah China di peta bersejarah.

Tapi pengadilan Internasional pada 2016 di Den Haag memutuskan bahwa klaim Beijing tidak memiliki dasar hukum.

Filipina telah berjanji untuk melanjutkan latihan maritim di Laut China Selatan sebagai tanggapan atas China yang mengklaim menikmati kedaulatan, wilayah yang ditempatkan secara strategis, dan mendesak Filipina untuk tidak meningkatkan perselisihan.

Dikutip dari The Sun, menurut data kementerian luar negeri, hingga 26 April, Filipina telah mengajukan 78 protes diplomatik ke China sejak Presiden Rodrigo Duterte menjabat pada 2016.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X