Memalukan! Pelaku Terbanyak yang Lakukan Kekerasan Terhadap Jurnalis Ternyata Polisi

- Senin, 3 Mei 2021 | 14:41 WIB
Ilustrasi (Antaranews)
Ilustrasi (Antaranews)

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia mengungkap bahwa aparat kepolisian menjadi pelaku terbanyak yang melakukan kekerasan terhadap jurnalis.

Kurun 2020-2021, total terjadi 90 kasus kekerasan terhadap jurnalis. Dari jumlah itu, 70 persen di antaranya dilakukan oleh polisi.

Hal ini diungkap Ketua Umum AJI Sasmito dalam "Peluncuran Catatan AJI atas Situasi Kebebasan Pers Indonesia 2021" yang dilaksanakan secara daring, di Jakarta, Senin (3/5/2021).

"Ada 58 kasus yang terduga pelaku-nya aparat polisi. Tentu ini ironi karena polisi seharusnya jadi pelindung masyarakat, termasuk jurnalis, tapi justru menjadi pelaku utama," katanya dilansir ANTARA.

Menurut Sasmito, aparat kepolisian seharusnya menjadi pelindung bagi seluruh masyarakat, termasuk jurnalis.

Ia pun berharap Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo segera melakukan reformasi di tubuh Polri agar tidak kekerasan terhadap jurnalis tidak kembali terulang.

Setelah kalangan polisi, Ketua Bidang Advokasi AJI Erick Tanjung mengungkap pelaku kekerasan lainnya adalah advokat, jaksa, pejabat pemerintahan/eksekutif, Satpol PP/aparat pemerintah daerah dan pihak tidak dikenal.

Sementara itu, Kepala Bagian Penerangan Umum(Kabagpenum) Divisi Humas Mabes Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan mengaku prihatin mengetahui data tersebut.

"Mohon tidak digeneralisasi, itu hanya oknum aparat polisi. Masih banyak anggota Polri yang menjadikan jurnalis sebagai mitra," ujar Ahmad.

Dia pun meminta maaf atas tindakan oknum anggota Polri yang melakukan kekerasan terhadap jurnalis.

"Kami sampaikan permohonan maaf dan akan kami perbaiki pelaku-pelaku anggota di lapangan," tutur-nya.

Mabes Polri sendiri, tambah Ahmad, sudah sering mengingatkan kepada jajarannya bahwa jurnalis adalah mitra. 

"Mereka (jurnalis) melakukan tugas yang dilindungi oleh UU Pers," ucapnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X