Siap Invasi Ukraina Kerahkan 100 Ribu Pasukan di Perbatasan, Ini Kekuatan Militer Rusia

- Sabtu, 22 Januari 2022 | 22:45 WIB
Pasukan wanita Rusia saat menjaga perbatasan usai melakukan aneksasi terhadap Krimea. (Foto/AP)
Pasukan wanita Rusia saat menjaga perbatasan usai melakukan aneksasi terhadap Krimea. (Foto/AP)

Rusia telah mengerahkan 100.000 pasukannya di perbatasan, siap-siap melakukan invasi terhadap Ukraina.

Amerika Serikat bersama sejumlah sekutunya di Eropa cukup ketar-ketir dengan langkah Rusia yang tidak mengindahkan peringatan dunia internasional untuk tidak melakukan eskalasi lebih luas terhadap konflik kedua negara.

Untuk memuluskan langkahnya, Rusia telah mengerahkan tank dan artileri yang signifikan ke kawasan perbatasan. 

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres meyakinkan dunia internasional bahwa Rusia tidak bakal menyerang Ukraina. Itu hanyalah gertakan yang dilakukan negara bekas republik Soviet.

Pernyataan Guterres tersebut muncul saat Rusia sedang mengerahkan pasukannya ke bagian utara, selatan, dan timur wilayahnya.  

-
Sistem pertahanan anti-serangan udara bikinan Rusia, S-400.(Sputnik/Alexey Malgavko)

 

"Setiap invasi dari satu negara ke negara lain merupakan pelanggaran hukum internasional, dan saya harap bahwa ini, tentunya, tidak akan terjadi dalam keadaan ini," kata Guterres kepada awak media di markas besar PBB di New York seperti yang dilansir Reuters, Sabtu (21/1/2022).

"Saya yakin tidak akan terjadi. Dan saya sangat berharap (keyakinan) ini benar."

Lalu seperti apa perbandingan kekuatan antara Rusia dan Ukraina?

Kekuatan militer Ukraina memang tidak bisa dibandingkan dengan Rusia yang memiliki segalanya untuk mengambil langkah peperangan.

Seperti yang dirilis Global Firepower daftar kekuatan militer negara di penjuru dunia bertajuk 2021 Military Strength Ranking. Kekuatan militer Rusia berada di peringkat dua. Sementara itu peringkat satu masih dipegang Amerika Serikat.

Kekuatan itu dapat dilihat dari jumlah militer yang mencapai 3.014.000 personel dan 46 juta penduduk yang bisa diikutsertakan dalam wajib militer.

Jumlah alutsista Angkatan Udara Rusia mencapai 4.144 unit, termasuk 789 pesawat tempur, 742 pesawat serbu. 424 transpor, 497 pesawat tempur latih, 127 pesawat misi khusus dan 2.053 helikopter. 

Masing-masing, jumlah tersebut menduduki peringkat 3 besar dunia.

Angkatan Darat Rusia memiliki 13.000 tank, 27.100 kendaraan tempur lapis baja, 10.548 artileri, dan 3.860 proyektor roket.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB
X