Densus 88 Tangkap 3 Teroris Jaringan JI di Jawa Timur, Ini Perannya

- Selasa, 9 November 2021 | 13:45 WIB
Ilustrasi, terduga teroris (Foto dok ANTARA)
Ilustrasi, terduga teroris (Foto dok ANTARA)

Tim Detasemen Khusus 88 Anti Teror (Densus 88 AT) Polri kembali melakukan penangkapan terduga teroris kali ini di wilayah Jawa Timur. Ada sebanyak tiga teroris jaringan Jamaah Islamiyah (JI) yang ditangkap pada hari ini.

"Hasil pelaksanaan kegiatan penangkapan terhadap tiga tersangka tindak pidana terorisme di wilayah Jawa Timur," kata Kepala Bantuan Operasi Densus 88 Polri Kombes Aswin Siregar dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Selasa (9/11/2021).

Ketiga teroris tersebut antara lain berinisial BA, AS dan RH alias AH. Penangkapan berlangsung sejak dini hari tadi dibeberapa lokasi.

"BA ditangkap di Bojonegoro, AS di Kabupaten Gresik dan RH di Pare," beber Aswin.

Para tersangka memiliki peran yang berbeda-beda. Salah satunya tersangka BA yang berperan sebagai Koordinator JI wilayah Bojonegoro.

Tersangka AS berperan sebagai instruktur  Tadrib Uhud, Poso, Ketua Takwiyah Qodimah periode 2008-2011 dan Takwiyah Rodifah tahun 2012, instruktur Tadrib Kolaka 1 dan 2 tahun 2011, instruktur Latihan Jasadiyah (Tactical, Survival dan Menembak PCP serta Rakitan) Takwiyah di Cubanrois dan Cemoro Kandang.

"AS juga mengikuti Turba Tajhiz Bitonnah di Surabaya,Jatim. Ketua Korda Surabaya  Masa JI Darurat (Tim Lajnah) Tahun 2021," ungkap Aswin. 

Tersangka terakhir yakni RH alias AH yang merupakan koordinator keberangkatan Justin (tersangka teroris) dari Kediri ke Jambi pada Agustus 2020.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X