Perjalanan Luar Angkasa Selama 10 Menit, Jeff Bezos Sudah Mendarat di Bumi

- Selasa, 20 Juli 2021 | 22:29 WIB
Pengusaha miliarder Jeff Bezos diluncurkan dengan tiga anggota awak di atas roket New Shepard pada penerbangan suborbital tanpa pilot pertama di dunia dari Situs Peluncuran Blue Origin 1 dekat Van Horn, Texas, AS, 20 Juli 2021. (Foto/ Tangkapan Layar REUT
Pengusaha miliarder Jeff Bezos diluncurkan dengan tiga anggota awak di atas roket New Shepard pada penerbangan suborbital tanpa pilot pertama di dunia dari Situs Peluncuran Blue Origin 1 dekat Van Horn, Texas, AS, 20 Juli 2021. (Foto/ Tangkapan Layar REUT

Jeff Bezos yang merupakan orang terkaya di dunia telah mendarat di bumi dengan aman. Setelah melakukan perjalanan ke luar angkasa selama 10 menit 20 detik. Ia membubung sekitar 66,5 mil (107 km) di atas gurun Texas di atas kendaraan peluncuran New Shepard perusahaannya Blue Origin pada hari, Selasa (20/7).

 

Hal ini merupakan penerbangan suborbital bersejarah yang membantu meresmikan era baru penerbangan pribadi sebagai pariwisata ruang komersial.

"Hari terbaik yang pernah ada," kata Bezos setelah kapsul ruang angkasa mendarat, menendang awan debu di lantai gurun.

Miliarder Amerika berusia 57 tahun, mengenakan setelan penerbangan biru dan mengenakan topi koboi, bergabung dengan tiga awaknya untuk melakukan perjalanan ke tepi ruang angkasa. Setelah mendarat dan keluar dari kapsul luar angkasa, Bezos dan anggota kru lainnya saling berpelukan dan mengeluarkan sampanye, saling menyemprotkan.

"Astronaut Bezos di kursi saya, bahagia, bahagia, bahagia," ujar Bezos sebagai tanggapan atas pemeriksaan status kontrol misi setelah anggota kru kembali ke kapsul New Shepard dan beberapa menit tanpa bobot di luar angkasa, seperti yang dikutip Indozone, Selasa, (20/7/2021).

Sang pendiri perusahaan AMZN.O, Bezos dan saudaranya Mark Bezos, yang merupakan seorang eksekutif ekuitas swasta, bergabung dengan dua orang lainnya. Lalu, penerbang wanita perintis Wally Funk (82) dan Oliver Daemen (18) yang merupakan seorang lulusan sekolah menengah baru-baru ini, menjadi orang tertua dan termuda yang mencapai luar angkasa.

-
Kapsul yang membawa pengusaha miliarder Jeff Bezos dan tiga anggota awak kembali dengan parasut setelah penerbangan mereka di atas roket New Shepard Blue Origin di dekat Van Horn, Texas, AS, 20 Juli 2021. (Foto/ Tankapan Layar REUTERS/Joe Skipper)

 

Pesawat ruang angkasa putih berkilau setinggi 60 kaki (18,3 meter) yang sepenuhnya otonom, dengan desain bulu biru di sisinya, menyalakan mesin BE-3 untuk lepas landas dari fasilitas Launch Site One Blue Origin sekitar 20 mil (32 km) di luar kota pedesaan Van Horn. Pada umumnya, di saat langit cerah dengan sedikit awan tipis pada pagi yang sejuk adalah waktu yang tepat untuk peluncuran.

Penerbangan itu terjadi sembilan hari setelah warga Inggris Richard Branson menaiki penerbangan suborbital perdana perusahaan pariwisata ruang angkasa Virgin Galactic yang sukses dari New Mexico.

Bezos mengacungkan jempol dari dalam kapsul setelah mendarat di lantai gurun. Dia melangkah keluar untuk sorak-sorai dari anggota keluarga dan karyawan Blue Origin dan memberikan tos kepada beberapa dari sekitar dua lusin orang yang ada. Dia mendirikan Blue Origin dua dekade lalu. Ini adalah penerbangan awak pertama perusahaan ke luar angkasa.

New Shepard dirancang untuk meluncur dengan kecepatan di atas 2.200 mil (3.540 km) per jam ke ketinggian yang mencapai apa yang disebut garis Kármán - 62 mil (100 km) - yang ditetapkan oleh badan aeronautika internasional sebagai batas antara atmosfer bumi dan ruang.

-
Miliarder Jeff Bezos, pendiri perusahaan e-niaga Amazon.com Inc, dan saudara laki-lakinya Mark naik sebelum penerbangan terjadwal mereka dengan roket New Shepard Blue Origin dekat Van Horn, Texas, AS, 20 Juli 2021. (Foto/Diambil dariTangkapan Layar di Kanal Berita REUTERS).

 

Setelah kapsul terpisah dari booster, kru melepaskan ikatan selama beberapa menit tanpa bobot. Kapsul itu kemudian kembali ke Bumi di bawah parasut, menggunakan sistem dorong retro yang mengeluarkan "bantalan udara" untuk pendaratan lunak.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X