Rusia Akan Memasok Iran dengan Satelit Canggih

- Jumat, 11 Juni 2021 | 12:53 WIB
Bendera Iran. (REUTERS/Leonhard Foeger)
Bendera Iran. (REUTERS/Leonhard Foeger)

Rusia sedang bersiap untuk memberi Iran satelit canggih yang memungkinkannya melacak target militer potensial di Timur Tengah, menurut laporan Washington Post, dikutip dari Reuters.

Rencananya akan mengirimkan satelit Kanopus-V buatan Rusia yang dilengkapi dengan kamera resolusi tinggi yang dapat diluncurkan dari Rusia dalam beberapa bulan.

Laporan ini diterbitkan beberapa hari sebelum Presiden AS Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu di Jenewa, ketika Iran dan Amerika Serikat terlibat dalam pembicaraan tidak langsung tentang menghidupkan kembali kesepakatan nuklir 2015 yang dirancang untuk membatasi program nuklir Iran dengan limbah pelonggaran sanksi ekonomi.

Satelit itu akan memungkinkan memantau terus menerus terhadap fasilitas mulai dari kilang minyak Teluk Persia dan pangkalan militer Israel hingga barak Irak yang menampung pasukan AS, menurut surat kabar tersebut yang mengutip dari tiga sumber tak disebutkan namanya.

Pakar Rusia melakukan perjalanan ke Iran musim semi ini untuk membantu melatih kru yang akan mengoperasikan satelit dari fasilitas yang baru dibangun di dekat Karaj di sebelah barat Teheran.

Satelit itu akan menampilkan perangkat keras Rusia, termasuk kamera dengan resolusi 1,2 meter, meskipun masih jauh dari kualitas yang dicapai oleh satelit mata-mata AS.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X