The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bacakan Pledoi Kasus RS Ummi, Habib Rizieq Bawa-Bawa Ahok dan Keluarga
Sidang pledoi Habib Rizieq Shihab. (photo/Screenshoot/YouTube)
News

Bacakan Pledoi Kasus RS Ummi, Habib Rizieq Bawa-Bawa Ahok dan Keluarga

Kamis, 10 Juni 2021 14:00 WIB 10 Juni 2021, 14:00 WIB

INDOZONE.ID - Habib Rizieq Shihab (HRS) kembali menjalani sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Timur terkait hoax hasil tes swab di RS Ummi, Bogor. Sidang kali ini beragendakan pembacaan nota pembelaan atau pledoi.

Dalam pledoinya, Rizieq menuding banyak tokoh publik yang merahasiakan pernah terinfeksi Covid-19.

"Presiden Jokowi melalui cuitan di Twitter resminya pada tanggal 3 Maret 2020 pernah menyatakan dengan tegas dan jelas sebagai berikut, 'Saya telah memerintahkan menteri untuk mengingatkan agar rumah sakit dan pejabat pemerintah untuk tidak membuka privasi pasien yang dirawat karena virus Corona. Hak-hak pribadi mereka harus dijaga. Begitu juga media massa, saya minta untuk menghormati privasi mereka'," kata Habib Rizieq saat membacakan nota pembelaan atau pleidoi dalam kasus hasil swab RS Ummi, di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Kamis (10/6/2021).

Rizieq kemudian membeberkan sejumlah nama tokoh yang merahasiakan pernah terkena Covid-19. Ia menyebut nama Airlangga Hartarto dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

"Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto merahasiakan dirinya kena COVID pada tahun 2020, dan Komisaris Utama Pertamina Ahok juga merahasiakan dirinya sekeluarga terkena COVID, sehingga anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay pada tanggal 22 Januari 2021 di berbagai media massa mengatakan bahwa tidak ada kewajiban seorang pasien positif COVID 19 secara aktif harus mengumumkan dirinya terpapar," ucap Rizieq.

Dengan argumentasi itu, Rizieq menepis tuntutan jaksa padanya. Rizieq tak terima dituntut 6 tahun penjara di kasus itu.

"Jadi tidak benar tuduhan JPU dalam tuntutannya halaman 22 pada bagian dakwaan ketiga bahwa pengisian general consent (persetujuan umum) dan penandatanganannya oleh saya di RS Ummi adalah berarti 'Dengan kehendak terdakwa dan dengan sengaja bertujuan menghalangi pelaksanaan penanggulangan wabah'," kata Rizieq.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Victor Median

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US