Anies Baswedan Berikan Tempat Tinggal Bagi Warga Bukit Duri yang Digusur

- Jumat, 8 Oktober 2021 | 10:38 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) saat peresmian pembangunan Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung, Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (7/10/2021). (ANTARA/Walda)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) saat peresmian pembangunan Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung, Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (7/10/2021). (ANTARA/Walda)

Warga Bukit Duri yang jadi korban penggusuran di tahun 2016 akan diberi tempat tinggal tetap oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Sebanyak 75 Kepala Keluarga (KK) akan ditempatkan di Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung di Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur. 

"Punya rumah hunian sendiri adalah awal kisah perjuangan hidup kami dimulai," kata Sandiawan selaku perwakilan warga, Kamis (7/10), dikutip dari Antara.

Selama ini, para KK korban penggusuran di Bukit Duri belum mempunyai tempat tinggal tetap. Harapan untuk memiliki tempat tinggal tetap pun muncul kala Anies berencana membangun hunian bagi warga korban penggusuran.

Rencana itu muncul saat Anies datang mengunjungi warga korban penggusuran di Bukit Duri.

"Pak Anies Baswedan yang sejak awal ketika kami habis mengalami penggusuran langsung datang mendengar keluh kesah kami," kata Sandiawan.

Sandiawan dan 74 KK lainnya kini bisa bernafas lega karena Maret 2022 nanti Kampung Susun itu sudah rampung. Pemukiman itu akan dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti tempat ramah anak, rumah serbaguna, tempat koperasi dan lokasi khusus untuk berwirausaha.

Dengan demikian, warga bisa menjalankan kehidupan yang layak dan mendapatkan perlakuan yang pantas dari pemerintah.

"Kami ingin diperlakukan sama dengan warga lain. Menjadi sama dengan warga lain, bermartabat, setara, merdeka," katanya.

Warga sebenarnya sudah disediakan hunian sementara, namun banyak warga yang lebih memilih tinggal dengan saudara. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X