The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Wishnutama Bicara Tentang Peluang Besar Media di Era Disrupsi Digital
Wishnutama Kusubandio saat memberikan arahan di Kantor Indozone terkait tantangan industri media di era disrupsi digital, Rabu (22/12/2021). (INDOZONE)
News

Wishnutama Bicara Tentang Peluang Besar Media di Era Disrupsi Digital

Rabu, 22 Desember 2021 20:58 WIB 22 Desember 2021, 20:58 WIB

INDOZONE.ID - Praktisi Media Wishnutama Kusubandio mengatakan, seiring berkembangnya era digital membuat media perlu melakukan evolusi. Apalagi, kata dia, sekarang ini sudah memasuki era disrupsi digital

“Media ini perlu berevolusi dengan sangat cepat karena ini kan era digital,” kata Wishnutama saat menyambangi redaksi Indozone, Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (22/12/2021).

Dengan perkembangan era digital pun membuat media semakin banyak seperti halnya melahirkan Indozone. Wishnutama meminta agar Indozone tak perlu minder melawan media online yang sudah terlebih dahulu lahir.

Wihsnutama
Wishnutama Kusubandio saat memberikan arahan di Kantor Indozone terkait tantangan industri media di era disrupsi digital, Rabu (22/12/2021). (INDOZONE)

Mantan Menparekraf ini menekankan di era digital semua hal bisa terjadi. Salah satu caranya agar bisa berkembang di era digital ini adalah memanfaatkan opportunity digital.

“Jadi gini, gak perlu takut juga melawan yang gede-gede. Di era digital itu semua bisa terjadi ya kan. Kita harus lihat opportunity digital ini apa buat Indozone. Kita harus manfaatkan ke sana,” bebernya.

Dia pun mencontohkan peluang yang bisa diraup oleh Indozone. Salah satunya memanfaatkan pasar yang menjadi tujuan Indozone seperti milenial dan generasi Z.

wishnutama
Wishnutama bersama Manajemen Indozone usai memberikan pemaparan terkait tantangan industri media. (INDOZONE)

Wishnutama melihat sampai sekarang ini belum ada media di Indonesia yang unggul merenggut para milenial. Hal ini menurutnya jadi peluang untuk Indozone.

“Artinya pasar ini (Milenial dan Gen Z) besar. Nah, saya melihat media yang ada di Indonesia ini belum ada yang unggul di generasi Z atau milenial muda,” tandasnya.

Baca juga: Transformasi Digital Ternyata Tak Hanya Soal Teknologi, Wishnutama: Ada Salah Kaprah

Ia juga mengatakan bahwa saat ini telah terjadi tiga gelombang disrupsi. Gelombang pertama adalah munculnya software as a services era seperti online food delivery, ride hailing, dan e-commerce. Gelombang kedua era munculnya financial technology, bank digital dan juga media-media digital. Serta gelombang ketiga yakni metaverse.

wishnutama
Wishnutama (tengah) bersama Manajemen dan Tim Redaksi Indozone. (INDOZONE)

Namun menurutnya, sebelum sampai ke Metaverse, media harus menang dulu di gelombang disrupsi kedua.

"Ini kesempatan dan momentum. Menangkan dulu di second wave ini," tegasnya.

Wishnutama banyak memberikan masukan kepada Indozone tentang bagaimana menghadapi tantangan ke depan. Apalagi persaingan di era digital ini sangat ketat dan semua berlomba-lomba ingin menjadi yang terbaik. Olehnya itu, Indozone harus bisa memanfaatkan momentum seperti sekarang ini dengan menggaet pembaca milenial dan Gen Z.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Harits Tryan Akhmad
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US