Mudik Lebaran, Polisi Terapkan One Way dan Ganjil Genap di Jalan Tol

- Kamis, 14 April 2022 | 09:38 WIB
Gerbang Tol Cikampek Utama. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)
Gerbang Tol Cikampek Utama. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri bakal menerapkan skenario one way hingga ganjil genap di jalan tol saat musim mudik Lebaran 2022. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari penumpukan volume kendaraan.

"Pada pelaksanaan mudik akan kita terapkan kebijakan one way dan ganjil genap bersamaan," kata Kakorlantas Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi, Kamis (14/4/2022).

Irjen Firman menyebut jika skenario itu tidak digunakan, kemungkinan besar akan terjadi penumpukan kendaraan bahkan kendaraan tidak bergerak.

"Apabila Polri tidak mengambil langkah intervensi rekayasa, kendaraan tidak akan bergerak," beber Firman.

Lebih jauh Firman menyebut untuk mengantisipasi hal tersebut dibutuhkan skenario arus lalu lintas dengan hal paling sederhana yakni contra flow. Jika contra flow tidak cukup, langkah selanjutnya yakni one way.

Baca juga: Asal-Usul Ngabuburit, Budaya Masyarakat Sunda Menunggu Waktu Berbuka Puasa

"Oleh karena itu dibutuhkan management kapasitas jalan yaitu paling sederhana kita akan menambah satu lajur berupa contra flow, juga masih kurang kita akan melakukan one way dari arah Jakarta menuju arah Timur," kata Firman.

"Dengan catatan pada saat one way diterapkan tentunya ada konsekuensi para pemakai jalan yang akan menggunakan jalur Tol ke arah Jakarta tentunya tidak akan bisa masuk jalan tol," paparnya.

Pada pelaksanaanya, jenderal polisi bintang dua tersebut menyebut akan ada petugas di lapangan yang bertugas memandu jalannya one way di tol saat mudik Lebaran.

"Nanti akan ada petugas yang memandu, tidak akan membiarkan anggota masyarakat memasuki Tol Gate masing-masing tapi akan diluruskan mengarah melalui jalur arteri untuk menghindari pemborosan bahan bakar, waktu tunggu yang lama," tuturnya.

"Kami menyarankan mereka yang akan bergerak ke arah Jakarta menyimak kapan one way kami akhiri, sehingga kita harapkan layanan prima jalan dimaksimalkan," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X