Palestina: Apa Gunanya PBB jika Tidak Segera Datang dan Membantu?

- Rabu, 19 Mei 2021 | 08:23 WIB
Duta Besar Palestina untuk PBB, Riyad Mansour (Reuters/VOAIndonesia)
Duta Besar Palestina untuk PBB, Riyad Mansour (Reuters/VOAIndonesia)

Duta Besar Palestina untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengeluhkan kelambanan Dewan Keamanan PBB sehingga menelan korban jiwa dalam konflik di wilayahnya dengan Israel.

"Tidak ada pihak yang berhasil membuat Israel mematuhi seruan global untuk mengakhiri agresi ini," kata Riyad Mansour kepada sejumlah wartawan seperti dikutip VOA, Selasa (18/5/2021). 

"Apa gunanya PBB jika tidak segera datang dan membantu?" sambungnya.

Dalam sesi darurat pada Minggu (16/5/2021), beberapa anggota Dewan Keamanan PBB mendesak penghentian segera kekerasan dalam konflik Israel-Gaza sekaligus menegaskan dukungan mereka terhadap solusi dua negara di wilayah tersebut.

Baca Juga: Membedah Kerentanan Palestina dan Strategi Israel

Namun diblokir Amerika Serikat, yang menurut para diplomat khawatir, hal itu dapat mengganggu upaya diplomatik untuk menghentikan kekerasan.

"Kita lihat saja hasil dari upaya mereka," kata Mansour sambil menegaskan akan terus mencari solusi diplomatik untuk mengakhiri perang Palestina dan Israel.

"Kami tidak akan mengambil langkah yang tidak sejalan dengan kepentingan rakyat Palestina sepenuhnya dan seluruh komponen struktur politik Palestina di PBB," tegas dia.

Pengarahan hari Selasa itu datang ketika pertempuran Israel dan Palestina berkecamuk. Sebuah roket yang diluncurkan dari Gaza menewaskan dua pekerja Thailand di selatan Israel hari Selasa, kata polisi, beberapa jam setelahnya serangan udara Israel merubuhkan gedung enam lantai di wilayah Palestina yang menampung toko-toko buku dan beberapa pusat pendidikan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X