DPR Minta Jajaran Kapolres Komunikatif Jaga Kamtibnas

- Rabu, 20 November 2019 | 17:55 WIB
Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni. (Ahmad Sahroni Center)
Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni. (Ahmad Sahroni Center)

Wakil Ketua Komisi III Ahmad Sahroni meminta para jajaran kapolres agar berlaku komunikatif dengan para pejabat, baik di tingkat daerah tempatnya bertugas maupun tingkat pusat sesuai dengan tugas, pokok dan fungsi (tupoksi) terkait persoalan keamanan dan hukum.

Ungkapannya dimaksudkan agar kondisi terkini di wilayah para kapolres tersebut diamankannya, berkaca pada maraknya para pelaku berpaham radikalisme hingga terorisme yang mengganggu kamtibnas.

“Kapolres harus tanggap terhadap kondisi terkini keamanannya. Bagaimana menjaga keamanan lingkungan jika komunikasi dengan pejabat di daerah ataupun tingkat pusat diabaikan. Sementara yang ingin dikomunikasikan adalah mengenai Kamtibmas di daerahnya,” ucapnya, Rabu (20/11) saat rapat kerja bersama kapolri di Gedung DPR Jakarta.

Menurutnya, tanpa adanya komunikasi yang baik dapat berimbas pada pengabaian persoalan hukum ataupun menjadi biasnya arus informasi terhadap sebuah peristiwa kejahatan.

“Misalkan, anggota dewan menerima aspirasi dari masyarakat mengenai kejahatan di daerah tersebut. Sebagai anggota dewan tentunya informasi tersebut harus disampaikan lebih lanjut kepada aparat polri terkait, dalam hal ini kepada Kapolres selaku pimpinan yang seharusnya mengenal baik kondisi keamanan di kota ataupun kabupaten tempatnya bertugas,” katanya.

Dia juga meminta Kapolri untuk mengingatkan jajaran tingkat Polres agar respontif jemput bola dan tingkat komunikasi yang baik. 

“Banyak sudah menyampaikan nama dan posisi, Kapolres menganggap enteng,” tegasnya. 

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X