Bandara Pekanbaru Antisipasi Wabah Korona dengan Pendeteksi Panas

- Minggu, 26 Januari 2020 | 14:27 WIB
Petugas KKP mengoperasikan alat pendeteksi panas untuk mengantisipasi masuknya suspek virus corona di Bandara Sultan Syarif Kasim II, Kota Pekanbaru, Riau. (photo/dok.Bandara SSK II)
Petugas KKP mengoperasikan alat pendeteksi panas untuk mengantisipasi masuknya suspek virus corona di Bandara Sultan Syarif Kasim II, Kota Pekanbaru, Riau. (photo/dok.Bandara SSK II)

Kantor Kesehatan Pelabuhan telah mengaktifkan alat pendeteksi panas untuk memantau setiap penumpang yang datang dari luar negeri di Bandara Sultan Syarif Kasim II (SSK II) di Kota Pekanbaru, Riau, guna mengantisipasi wabah virus corona.

"Setiap kedatangan pesawat dari luar negeri kita lakukan pengawasan pada setiap penumpang," kata Koordinator Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara SSK II, Albert Jenson di Pekanbaru, Minggu (26/1) melansir Antara.

Alat pendeteksi panas itu ditempatkan di pintu masuk terminal kedatangan internasional. Piranti keras tersebut berupa kamera yang membaca setiap orang yang melintas sehingga kondisi tubuh mereka terlihat jelas di layar monitor.

Dengan alat tersebut tidak menimbulkan antrean penumpang karena pendeteksian dilakukan secara otomatis.

"Kalau ditemukan 'suspect', tindakan kita akan berkoordinasi dengan pihak terkait seperti dinas kesehatan dan rumah sakit," katanya.

Ia mengatakan hingga kini belum terdeteksi penumpang dari luar negeri yang dicurigai menderita virus mematikan tersebut.

"Sampai saat ini belum ada yang dinyatakan 'suspect' corona," katanya.

Ia mengatakan pesawat yang langsung dari Tiongkok tidak ada rute ke Bandara Pekanbaru. Namun, ada rute penerbangan internasional dari negeri jiran yang ada di Pekanbaru.

"Pekanbaru khususnya pesawat yang langsung dari Tiongkok tak ada. Pesawat di sini dari Kuala Lumpur, Malaka, Subang, Malaysia, dan juga Singapura," demikian Albert Jenson.

Artikel Menarik Lainnya: 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X