Satu Lagi Staf Menteri Trump Mengundurkan diri Pasca Kerusuhan Gedung Capitol

- Selasa, 12 Januari 2021 | 15:10 WIB
Staf Menteri Chad Wolf. (Greg Nash/Pool via REUTERS).
Staf Menteri Chad Wolf. (Greg Nash/Pool via REUTERS).

Setelah beberapa pejabat Gedung Putih dan beberapa menteri kabinet Donald Trump mengundurkan diri pasca kerusuhan di Gedung Capitol, kini Pejabat Menteri Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat Chad Wolf juga ikutan mengundurkan diri.

Melansir Antara, Wolf telah mengatakan kepada stafnya pada Senin (11/1/2020) bila ia mengundurkan diri.

Wolf menyatakan mundur ketika Departemen Keamanan Dalam Negeri (DHS) mengoordinasikan pengamanan untuk pelantikan presiden pada 20 Januari. Pengunduran diri dilakukan Wolf juga setelah serangan yang berujung maut oleh massa di gedung Kongres AS, Capitol, pekan lalu.

Sebagai gantinya, Pete Gaynor, administrator Badan Manajemen Kedaruratan Federal, akan mengambil alih peranan sebagai pejabat menteri, kata kantor itu.

Dalam surat elektronik yang disebarkan kepada para karyawan DHS pada Senin, Wolf mengatakan kepergiannya didasarkan atas putusan pengadilan terkait dengan kelayakannya untuk menduduki posisi itu.

Baca Juga: Hari Ke-4 Evakuasi SJ182 Pagi Ini, RS Polri Terima 56 Kantong Jenazah

"Saya sedih mengambil langkah ini, karena tadinya niat saya adalah melayani departemen sampai akhir pemerintahan ini," tulis Wolf.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat AS, Bennie Thompson, mengatakan motif di balik pengunduran diri Wolf "dipertanyakan" karena hakim federal sebenarnya telah dua bulan lalu memutuskan bahwa Wolf diangkat secara tidak sah.

Thompson, yang berasal dari Partai Demokrat, adalah ketua Komite Keamanan Dalam Negeri di DPR.

Dinas Rahasia AS, yang merupakan bagian dari DHS, adalah badan utama yang menangani keamanan seputar pelantikan Presiden terpilih Joe Biden.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X