Polisi Ungkap Alasan Wanita Mau Aborsi di Klinik Ilegal

- Rabu, 23 September 2020 | 18:27 WIB
Momen rekonstruksi kasus klinik aborsi di Jakarta Pusat. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)
Momen rekonstruksi kasus klinik aborsi di Jakarta Pusat. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Polda Metro Jaya membeberkan beberapa alasan seorang wanita mau untuk melakukan aborsi di klinik aborsi ilegal. Salah satu alasannya karena para wanita itu hamil di luar nikah.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus. Yusri menyebut alasan terbesar para pasien aborsi di klinik ilegal karena para pasien itu hamil di luar nikah.

"Memang rata-rata pelaku yang melakukan penguburan janin pertama adalah mereka hamil diluar nikah, itu rata-rata terbesar hamil diluar nikah," kata Kombes Yusri dalam konferensi pers di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (23/9/2020).

Lanjut Yusri, alasan kedua yakni identitas pasien. Identitas pasien aborsi di klinik ilegal disebut Yusri tidak memerlukan identitas asli atau identitasnya bisa dihilangkan.

"Biasanya orang yang melakukan aborsi di klinik ilegal ada satu yang buat mereka mau, karena dia punya identitas bisa dihilangkan, tidak sesuai KTP," ungkap Yusri.

Seperti diketahui, Polda Metro Jaya pada 9 September 2020 yang lalu menggerebek klinik aborsi ilegal di Jalan Percetakan Negara, Jakarta Pusat. Dalam kasus ini polisi menetapkan 10 orang tersangka mulai dari pemilik klinik, dokter pembantu dokter hingga satu orang pasien aborsi di klinik itu.

Usut demi usut klinik itu sudah beraksi sekitar tiga tahun lamanya. Dalam aksinya, klinik itu memilih-milih pasiennya dan maksimal janin bayi berusia 14 Minggu untuk diaborsi di klinik ini.

Selama beroperasi sekitar tiga tahun, sebanyak 32 ribu lebih janin berhasil diaborsi dari klinik ini. Keuntungan dari klinik ini selama beroperasi disebut polisi mencapai Rp10 miliar.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X