Belajar dari Sosok Khabib Nurmagomedov, Petarung Sejati yang Rela Pensiun Demi Taati Ibu

- Minggu, 25 Oktober 2020 | 19:41 WIB
Kolase foto Khabib Nurmagomedov bersama sang ayah (Facebook Khabib
Kolase foto Khabib Nurmagomedov bersama sang ayah (Facebook Khabib

Nama Khabib Nurmagomedov kembali mnejadi perbincangan usai berhasil mempertahankan gelar juara kelas ringan Mix Martial Arts (MMA) pada UFC 254 di Pulau Yas, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Minggu (25/10/2020).

Dia mengalahkan Justin Gaethje pada ronde kedua dengan membuatnya menyerah menggunakan teknik submission.

Yang lebih mengejutkan, Khabib menutup kemenangan dengan mengumumkan pensiun. Hal ini sontak mengejutkan banyak pihak.

Dia juga mengungkapkan alasannya pensiun meski tengah berada di puncak karir. Seperti diketahui, Khabib dinobatkan sebagai petarung MMA yang tak pernah kalah di ajang UFC. Dia telah menghajar lawan-lawannya sebanyak 29 kemenangan tanpa kalah sekalipun.

Tak disangka, keputusan ini merupakan bentuk kepatuhan dirinya kepada sang ibu. Khabib berjanji kepada ibunya agar segera berhenti dari ring setelah ayahnya, Abdulmanap Nurmagomedov, meninggal dunia pada 3 Juli 2020 lalu.

"Saya berbicara dengan ibu saya tiga hari lalu. Dia tidak ingin saya bertarung tanpa ayah. Saya berjanji kepadanya bahwa ini akan menjadi pertarungan terakhir saya. Saya harus menepatinya," ujar Khabib.

Kemenangan ini memang menjadi momen tersendiri bagi Khabib dan keluarganya. Sebab, sang ayah sekaligus pelatih sejatinya, Abdulmanap Nurmagomedov. Bagaimana tidak, baru beberapa bulan lalu sosok idonya itu pergi untuk selamnya. 

Duka mendalam pun dirasakan Khabib. Abdulmanap diketahui merupakan orang yang paling berperan membawa anaknya itu duduk di puncak kejayaan. Keduanya juga diketahui sangat dekat dan sering tampil bersama.

Namun, Khabib sudah berjanji dengan ibunya. Dia memilih mengakhiri ini dan mempersembahkan kemenangan buat sang ayah.

Melalui media sosialnya, Khabib juga mengenang Abdulmanap usai dinyatakan menang pada pertarungan Minggu (25/10/2020).

"Kemenangan. Alhamdulillah," tulis Khabib sembari mengunggah ilustrasi dirinya bersama Abdulmanap.

Setelah itu, dia kembali mengunggah foto dengan sang ayah sembari menulis kalimat yang begitu menyentuh hati.

"Ketika ALLAH bersamamu, tidak ada yang bisa menghancurkanmu, tidak ada yang bisa menghancurkanmu. Terima kasih Ayah untuk segalanya, engkau mengajarkan sepanjang hidupku, semoga ALLAH memberikan surga tertinggi untukmu," tulisnya.

Petarung asal Rusia Khabib Nurmagomedov mencuri perhatian publik saat melawan Conor McGregor pada 2018 lalu. Perseteruan keduanya bahkan berujung ricuh akibat sikap rasis Conor.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X