Kondisi Trump Membaik, Dokter "Paksa" untuk Makan, Minum dan Bergerak

- Rabu, 7 Oktober 2020 | 16:44 WIB
Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. (REUTERS/Leah Millis)
Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. (REUTERS/Leah Millis)

Presiden Amerika Serikat Donald Trump kabarnya sempat diberikan obat steroid dexamethasone oleh dokter yang merawatnya. Padahal Dexamethasone adalah obat untuk pasien covid-19 yang kritis. 

Kondisi inilah yang membuat banyak pihak berspekulasi akan kondisi sang presiden tersebut.

Melansir dari News.Com.Au, pihak dokter yang menangani Trump memberikan obat tersebut semenjak kadar oksigennya dalam darahnya turun dua kali. Bahkan sebelum dibawa ke rumah sakit, kadar oksigen dalam darahnya tersebut sempat turun. 

"Dia menerima dosis pertamanya kemarin dan rencana kami adalah melanjutkannya untuk saat ini," kata Dr Brian Garibaldi, salah satu tim dokter yang menangani Trump seperti yang dilansir news.com.au.

Saat ini, kondisinya sudah mulai stabil namun harus tetap dijaga dengan baik. Bahkan dokter seolah memaksa Trump untuk terus bergerak agar semakin sehat.

“Rencana kami hari ini adalah membuat dia makan dan minum, bangun dari tempat tidur sebanyak mungkin, untuk bergerak,” kata Garibaldi.

Kendati seperti itu, beberapa ahli medis jadi mempertanyakan kondisi Trump sebenarnya. Pasalnya, obat yang diberikan tersebut bukan obat sembarangan.

Sementara itu, melansir dari Al Jazeera, Dr Eric Feigl Ding yang merupakan seorang ahli epidemiologi dan fellow senior di Federasi Ilmuwan Amerika mengatakan bahwa kemungkinan Trump diberikan dexamethasone adalah tanda yang sangat mengkhawatirkan.

“WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) mengatakan itu hanya digunakan untuk pasien kritis dan parah. NIH (National Institutes of Health) juga mengatakan itu hanya untuk pasien serius yang menggunakan ventilator atau oksigen tambahan," jelas sang dokter. 

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X