Peristiwa 17 Maret: Inggris Nyatakan Perang Terhadap Belanda Hingga Gunung Agung Meletus

- Rabu, 17 Maret 2021 | 16:26 WIB
Ilustrasi gunung meletus. (Pexels/Pixabay)
Ilustrasi gunung meletus. (Pexels/Pixabay)

Tanggal 17 Maret memiliki sederet peristiwa dan sejarah yang menarik untuk disimak. Mulai dari Inggris menyatakan perang terhadap Belanda, hingga meletusnya Gunung Agung di Bali.

Ini beberapa peristiwa yang menarik disimak dan terjadi pada 17 Maret.

1. Inggris Nyatakan Perang Terhadap Belanda (1672)

Pada tahun 1672, Inggris menyatakan perang terhadap Belanda. Ini merupakan konflik militer yang berlangsung hingga tahun 1674. Sebenarnya ini adalah bagian dari perang antara Prancis melawan Belanda, namun Angkatan Laut Kerajaan Inggris turut serta dalam serangan tersebut. Tapi Inggris berhasil dikalahkan oleh Michiel de Ruyter dan gagal mendapatkan provinsi Holland.

2. Dalai Lama Selamatkan Diri ke India (1959)

Pada tahun 1959, Pemimpin Spiritual Tibet Dalai Lama melarikan diri ke India. Ia mengasingkan diri di India setelah pemberontakan Tibet terhadap Tiongkok meletus. Di India, Dalai Lama hidup sebagai orang buangan karena dituduh memimpin pemberontakan di Tibet. Namun pada 1989, Dalai Lama menerima hadiah Nobel Perdamaian setelah mengkampanyekan anti kekerasan.

BACA JUGA: Polisi Dinyatakan Tewas 17 Tahun Lalu Saat Tsunami Aceh, Asep Ditemukan Masih Hidup

3. Gunung Agung Meletus (1963)

Gunung Agung di Bali meletus pada tahun 1963. Letusan gunung berapi ini mengeluarkan abu panas dan gas setinggi hampir 20.000. Jumlah kematian akibat meletusnya Gunung Agung mencapai 1.148 jiwa, sedangkan 296 orang luka-luka.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X