Pesan Novel Baswedan Buat Anak Muda, 'Memperjuangkan Kebaikan Adalah Jalan Menuju Sukses'

- Minggu, 21 Februari 2021 | 20:59 WIB
Penyidik senior KPK Novel Baswedan (YouTube HARIS AZHAR)
Penyidik senior KPK Novel Baswedan (YouTube HARIS AZHAR)

Penyidik senior KPK Novel Baswedan memberi pesan bagi kalangan anak muda agar mulai peduli terhadap kebaikan dan kepentingan orang banyak.

Hal itu, menurut Novel, merupakan jalan menuju kesuksesan.

Hal itu disampaikan Novel saat berbincang dengan aktivis HAM Haris Azhar yang diunggah ke kanal YouTube HARIS AZHAR, Kamis (18/2/2021).

Penggalan video tersebut kemudian menarik perhatian netizen dan dibagikan ulang. Novel pun menanggapi hal itu melalui akun Twitter @nazaqistsha, Minggu (21/2/2021).

"Peduli thd kepentingan org banyak, dan memperjuangkan kebaikan / kebenaran adl jalan utk sukses. Dan kesusahan / kesulitan yg timbul krn itu akan mendidik diri kita mjd pribadi yg kuat," cuit Novel.

Pada perbincangannya dengan Haris, Novel memberikan pesan bagi generasi muda agar mulai peduli dengan kepentingan orang banyak.

Sikap tersebut, menurutnya, akan memberi manfaat bagi diri sendiri.

"Namanya anak muda itu, dia dalam masa membangun dan berupa berbuat sesuatu. Yang pertama harus paham, ketika kita melakukan sesuatu untuk kepentingan orang banyak, untuk kepentingan kebaikan, pada dasarnya kita sedang mendidik karakter kita untuk menjadi karakter yang kuat, yang hebat, dan itu pada dasarnya yang untuk diri kita sendiri yang berbuat," kata Novel.

Sebaliknya, kata Novel, sikap apatis dan acuh tak acuh terhadap kebaikan dan kepentingan umum justru akan berbuah pahit.

Menurutnya, tak ada satupun orang sukses di dunia yang lahir dari sikap individualisme tanpa mementingkan kondisi orang lain.

"Ketika kita apatis, tidak peduli, hanya memikirkan diri sendiri, maka tidak pernah ada orang yang kemudian sukses menjadi orang hebat, menjadi orang yang kuat, hanya dengan memikirkan diri sendiri. Enggak pernah, semuanya pasti dengan kekuatan dia mau memikirkan orang lain, mau berbuat dan memperjuangkan suatu kebenaran, kebaikan, dan itu dilakukan dengan koridor aturan-aturan hukum tentunya," kata Novel.

Novel mengatakan, perjuangan untuk kebaikan memang tidak akan selalu berjalan lancar.

"Tapi saya tekankan lagi bahwa segala kekusahan pun yang ditimbulkan karena itu tidaklah terus membuat kita hancur, membuat kita akan rugi, sepanjang kita konsisten, berbuat dengan cara-cara yang tepat dan benar. Yang ada membuat kita lebih baik dan lebih kuat," kata Novel.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X