Kartika Soekarno Kenang Foto Bersama Sang Ibunda Ratna Sari Dewi, Kagum pada Gayanya
Kartika Sari Dewi Soekarno berjalan berdua bersama ibunya, Ratna Sari Dewi atau Naoko Nemoto suatu hari di Paris. (Foto: Instagram/Kartikasoekarnofoundation)
News

Kartika Soekarno Kenang Foto Bersama Sang Ibunda Ratna Sari Dewi, Kagum pada Gayanya

Jumat, 22 Mei 2020 14:14 WIB 22 Mei 2020, 14:14 WIB

INDOZONE.ID - Mungkin karena rindu, Kartika Sari Dewi Soekarno, putri dari Presiden pertama RI Ir. Soekarno, mengunggah foto lamanya bersama sang ibunda saat keduanya berada di Paris tahun 1980-an, melalui akun Instaram-nya.

Dalam foto itu hitam putih itu, Kartika dan ibunya, Ratna Sari Dewi berjalan santai. Ibunya mengenakan gaun dan payung, sementara Kartika tampil lebih kasual dengan celana tiga perempat dan kemeja.

"Paris tahun 80-an. Ibu saya jalan-jalan dengan payung. Saya ingat suatu hari di pantai di St Tropez, ada orang bilang, 'Ah, si Putri Kupu-kupu'. Saya malu dengan gayanya waktu itu karena kami memang bertolak belakang dalam urusan gaya. Tapi setelah saya lihat-lihat kembali, gayanya oke juga. Dia malah masih terlihat anggun hari ini," tulis Kartika pada caption foto unggahannya.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kartika Soekarno Foundation (@kartikasoekarnofoundation) on

Ratna Sari Dewi, sang ibunda, adalah istri keenam Presiden Soekarno. Dia merupakan perempuan Jepang bernama asli Naoko Nemoto. Dia menikah dengan Soekarno pada 3 Maret tahun 1962 ketika usianya 22 tahun dan sejak saat itulah namanya diganti menjadi Ratna Sari Dewi.

Kisah cinta Ratna dengan Soekarno dipenuhi lika-liku yang cukup pelik. Sebagai perempuan Jepang, Ratna disebut-sebut dalam berbagai literatur bahwa dirinya adalah seorang geisha. Dalam bahasa Jepang, geisha berarti seniman, namun awam lebih mengetahuinya sebagai perempuan penghibur yang berbakat yang dilatih sejak kecil.

Dari perkawinan mereka, lahirlah Kartika pada 11 Maret 1967 di Tokyo. Sayangnya, tak lama setelah kelahiran Kartika, Ratna dan Soekarno bercerai. Soekarno sendiri meninggal dunia tak lama setelah itu, tepatnya pada 21 Juni 1970.

Setelah berpisah dengan Soekarno, Ratna sempat nomaden di beberapa negara dan ke mana pun dia pergi dia selalu membawa Kartika. Kartika menghabiskan masa kecilnya di Perancis dan Swiss dan menjalani pendidikan di sana.

Pada 2 Desember 2005, Kartika menikah dengan Frits Frederik Seegers, Presiden Citibank Eropa asal Belanda di Hotel Intercontinental Amstel, Amsterdam. Dia dikarunia seorang anak laki-laki yang beberapa waktu lalu viral, tak lain adalah Frederik Kiran Soekarno Seegers. Di akun Instagram-nya, Kartika sering mengunggah foto-foto anaknya itu.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kartika Soekarno Foundation (@kartikasoekarnofoundation) on

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
JOIN US