The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sandiaga Pastikan Penghematan Anggaran Tak pengaruhi Kinerja Kemenparekraf
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. (photo/ANTARA/HO-Birkom Kemenparekraf)
News

Sandiaga Pastikan Penghematan Anggaran Tak pengaruhi Kinerja Kemenparekraf

Jumat, 26 Maret 2021 02:19 WIB 26 Maret 2021, 02:19 WIB

INDOZONE.ID -  Sandiaga Salahuddin Uno memastikan penghematan melalui pemfokusan kembali (refocusing) dan realokasi belanja APBN 2021, tidak akan mengurangi kinerja Kemenparekraf.

"Kami sampaikan bahwa penghematan dan realokasi anggaran, pengurangan anggaran bagi Kemenparekraf tidak akan mengurangi kinerja sama sekali karena yang kita lakukan adalah penghematan terhadap pengurangan belanja modal, pengurangan belanja perjalanan dinas dan paket meeting atau rapat pertemuan di luar kantor serta pengurangan penggunaan jasa konsultan atau narasumber untuk pelaksanaan kegiatan," kata Sandiaga usai melakukan rapat kerja dengan Komisi X DPR di Jakarta, Kamis (25/3) dikutip dari ANTARA.

Hal itu terutama dalam upaya membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dari dampak akibat pandemi COVID-19.

Pagu DIPA Kemenparekraf/Baparekraf TA 2021 awalnya Rp4,907 triliun, kemudian dilakukan penghematan 6,97 persen atau Rp342 miliar menjadi Rp4,565 triliun.

Baca juga: Kabareskrim Benarkan Satu Terlapor 'Unlawful Killing' Laskar FPI Tewas Kecelakaan

Penghematan anggaran dilakukan berdasarkan Surat Menteri Keuangan Nomor S-30/MK.02/2021 dalam rangka penanganan pandemi COVID-19, dukungan anggaran perlindungan sosial kepada masyarakat, menyelamatkan lapangan kerja, serta mempercepat pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif.

Selain pembahasan dampak pemotongan anggaran APBN 2021, rapat kerja juga membahas skema anggaran fungsi pariwisata di kementerian/lembaga terkait dan isu strategis pariwisata dan ekonomi kreatif.

Terkait skema anggaran fungsi pariwisata di K/L terkait, Menparekraf Sandiaga menjelaskan total alokasi dukungan kementerian/lembaga untuk pembangunan pariwisata pada 2021 adalah sebesar Rp9,9 triliun dan total alokasi DAK fisik bidang pariwisata pada 2021 sebesar Rp629 miliar.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
Kana

Kana

Editor
JOIN US
JOIN US