Terungkap 3 Perempuan Otak Bom Gereja Katedral, Yang Satu Lihat Pasutri Naik Motor

- Selasa, 30 Maret 2021 | 18:38 WIB
Dua wanita menyeberang jalan di depan Gereja Katedral Makassar sesaat sebelum ledakan; dan pasutri pelaku bom bunuh diri (Ist)
Dua wanita menyeberang jalan di depan Gereja Katedral Makassar sesaat sebelum ledakan; dan pasutri pelaku bom bunuh diri (Ist)

Jumlah terduga teroris yang sudah ditangkap oleh aparat kepolisian menyusul bom bunuh diri di pintu gerbang masuk Gereja Katedral Makassar, hari Minggu (28/3/2021), kini bertambah menjadi tujuh orang.

Tiga orang terakhir yang ditangkap pada Selasa (30/3/2021) adalah MM, M, dan MAN. Mereka bertiga adalah perempuan.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan mengatakan, mereka memiliki keterkaitan dengan pasangan suami istri Muh Lukman Alfarizi dan Yogi Sahfitri Fortuna alias Dewi (D), pelaku bom bunuh diri di gereja tersebut.

Terduga MM berperan memantau aksi Lukman dan Dewi dan memberikan motivasi terhadap kedua pasangan suami istri tersebut.

MM, kata Ramadhan, mendapat motivasi 'jihad' dan 'sahid' dari terduga SAS yang sudah ditangkap beberapa hari sebelumnya.

"Dan bersama-sama sudah ikut pembaiatan," ujar Ramadhan, dikutip dari Antara.

Untuk terduga M, dia merupakan kakak ipar dari SAS yang mengetahui soal kegiatan kajian di Vila Mutiara. 

Sedangkan terduga MAN, berperan melihat Lukman saat terakhir menggunakan sepeda motor berangkat menuju tempat lokasi rencana bunuh diri, dan juga mengikuti kajian bersama SAS.

Sebelumnya, Senin (29/3/2021), Densus 88 menangkap 4 orang terduga teroris di Kota Makassar.

Mereka adalah AS, SAS, MR, dan AN atau AA. Mereka berperan bersama Lukman dan Dewi, bersama sama mengikuti kajian di Vila Mutiara, Makassar.

Sementara itu, rekaman CCTV yang menunjukkan detik-detik ledakan bom bunuh diri di depan pintu masuk Gereja Katedral Makassar, hari Minggu (28/3/2021), menguak fakta baru. 

Diduga, dua orang wanita yang menyeberang jalan di depan gereja beberapa saat sebelum ledakan, terlibat dalam perencanaan bom bunuh diri tersebut.

Dalam pantauan Indozone, dua wanita itu semula berjalan dari arah kanan pintu gerbang gereja. Mereka berdua sama-sama mengenakan pakaian warna hitam. Hanya warna kerudung mereka yang saja yang berbeda.

Dua wanita itu kemudian menyeberangi jalan, sambil terus menoleh ke seberang jalan, ke arah ledakan.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X