The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Peristiwa 5 April: Si Unyil Tayang Perdana dan Meninggalnya Kurt Cobain
Si Unyil. (Wikipedia).
News

Peristiwa 5 April: Si Unyil Tayang Perdana dan Meninggalnya Kurt Cobain

Dan beberapa peristiwa lainnya.

Senin, 05 April 2021 09:30 WIB 05 April 2021, 09:30 WIB

INDOZONE.ID - Berbagai peristiwa penting pernah terjadi di tanggal 5 April yang jatuh hari ini. Kali ini Indozone mencoba mengumpulkan empat contoh peristiwa sejarah yang kebetulan pernah terjadi pada tanggal tersebut.

Salah satu contohnya adalah peristiwa insiden Tiananmen di Beijing dan tanggal kematian Kurt Cobain dari Nirvana. Berikut beberapa peristiwa bersejarah yang dilansir dari Wikipedia, Senin (5/4/2021).

1. Winston Churchill mengundurkan diri dari jabatan Perdana Menteri Britania Raya karena alasan kesehatan (1955).

Sir Winston Churchill.
Sir Winston Churchill. (Wikipedia).

Sir Winston Leonard Spencer-Churchill adalah seorang politikus, perwira militer, dan penulis Britania Raya. Ia merupakan Perdana Menteri Britania Raya dari tahun 1940 hingga 1945, ketika ia memimpin Britania meraih kemenangan dalam Perang Dunia Kedua, dan menjabat lagi dari tahun 1951 hingga 1955. Churchill mewakili lima konstituensi selama kariernya sebagai Anggota Parlemen (MP).

Setelah kekalahan Partai Buruh pada Pemilu 1951, Churchill kembali menjabat jabatan Perdana Menteri. Pada tahun 1953, Winston Churchill dianugerahi dua gelar kehormatan. Dia dikaruniakan gelar Sir menjadi Sir Winston Churchill dan dianugerahkan Nobel dalam penulisan untuk kepakarannya dalam penulisan riwayat dan sejarah dan juga kepintarannya berbicara dalam mempertahankan nilai kemanusiaan yang tinggi. 

Serangan stroke pada Juni 1953 memyebabkan Winston Churchill lumpuh sebelah kiri. Winston Churchill bersara disebabkan kesehatan pada 5 April 1955 tetapi mempertahankan jabatannya sebagai Chancellor bagi Universitas Bristol.

2. Gerakan Lima April atau Insiden Tiananmen di Beijing, Tiongkok (1976).

Monumen di Tiananmen Beijing.
Monumen di Tiananmen Beijing. (Wikipedia).

Insiden Tiananmen adalah aksi protes massal yang berlangsung pada tanggal 5 April 1976, di Lapangan Tiananmen di Beijing, Tiongkok. Insiden itu terjadi pada hari berkabung tradisional, Festival Qingming, setelah Insiden Nanjing, yang dipicu oleh kematian Perdana Menteri Zhou Enlai awal tahun itu. Beberapa orang sangat tidak setuju dengan penghapusan pajangan berkabung, dan mulai berkumpul di Alun-alun untuk memprotes otoritas pusat di bawah naungan Geng Empat, yang memerintahkan agar Alun-alun dibersihkan.

Peristiwa itu diberi label sebagai kontrarevolusioner segera setelah kejadian itu oleh Komite Sentral Partai Komunis dan berfungsi sebagai pintu gerbang ke pemecatan dan tahanan rumah saat itu. Wakil Perdana Menteri Deng Xiaoping, yang dituduh merencanakan acara tersebut, sementara dia bersikeras bahwa dia datang ke Lapangan Tiananmen hanya untuk potong rambut. Keputusan Komite Sentral tentang acara tersebut dibatalkan setelah Revolusi Kebudayaan berakhir, karena kemudian secara resmi dielu-elukan sebagai tampilan patriotisme.

Baca Juga: Kawasan Nusa Dua Bali Dipastikan Siap Sambut Pembukaan Pariwisata Kembali

3. Film boneka Si Unyil mulai ditayangkan di TVRI (1981).

Film
Film 'Si Unyil' (Wikipedia).

Si Unyil adalah film seri televisi Indonesia produksi PPFN yang mengudara setiap hari Minggu pagi di stasiun TVRI dimulai pada tanggal 5 April 1981 sampai 1993. Film ini ditujukan kepada anak-anak, film seri boneka ini menceritakan tentang seorang anak Sekolah Dasar bernama Unyil dan petualangannya bersama teman-temannya. Kata "Unyil" berasal dari "mungil" yang berarti "kecil".

Si Unyil telah menjadi salah satu bagian tak terpisahkan dari budaya populer di Indonesia, dan banyak orang tidak dapat melupakan berbagai unsur seri ini, mulai dari lagu temanya yang dimulai dengan kata-kata "Hom-pim-pah alaiyum gambreng!" sampai tokoh-tokoh seperti Pak Raden dan Pak Ogah dan kalimat seperti "Cepek dulu dong!" Saat ini boneka-boneka si Unyil telah menjadi koleksi Museum Wayang di Jakarta.

4. Personel Nirvana, Kurt Cobain Dinyatakan Tewas Oleh Forensik Setelah DItemukan Tak Bernyawa 3 Hari Kemudian (1994).

Kurt Cobain.
Kurt Cobain. (Wikipedia).

Kurt Donald Cobain adalah penyanyi, penulis lagu dan gitaris dalam band grunge dari Seattle, Nirvana yang diduga meninggal bunuh diri yang masih kontroversi. Pada 1 Maret 1994, setelah konser di München, Jerman, Cobain didiagnosa dengan bronkitis dan laringitis yang parah. Ia diterbangkan ke Roma hari berikutnya untuk menjalani pengobatan, dan istrinya menyusul pada 3 Maret.

Pagi berikutnya, Love bangun dan menemukan Cobain sudah overdosis dengan paduan dari sampanye dan rohypnol. Ia dilarikan ke rumah sakit dan setelah lima hari di sana diperbolehkan pulang. Karena masalah penyalahgunaan obat ini, Cobain dimasukkan ke panti rehabilitasi pada tanggal 30 Maret. Pada malam 1 April, Cobain keluar untuk merokok dan kemudian kabur dari panti tersebut dengan memanjat pagar. Ia kemudian pergi ke Seattle dan menghilang.

Pada tanggal 3 April, Love menghubungi seorang penyidik swasta bernama Tom Grant, dan menyewanya untuk menemukan Cobain. Pada tanggal 8 April 1994, jenazah Cobain ditemukan di sebuah ruangan di atas garasi rumahnya di Lake Washington oleh pegawai Veca Electric bernama Gary Smith. Otopsi kemudian memperkirakan Cobain tewas pada 5 April 1994.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
M Fadli
Edi Hidayat

Edi Hidayat

Editor
M Fadli

M Fadli

Writer
JOIN US
JOIN US