Aneh! Beruang Ini Berperilaku Seperti 'Anjing' Diduga Terpapar Virus Misterius

- Kamis, 1 April 2021 | 10:20 WIB
Ilustrasi beruang hitam (Pexels/Kevin Bidwell)
Ilustrasi beruang hitam (Pexels/Kevin Bidwell)

Virus misterius yang menginfeksi beruang hitam di negara bagian California dan Nevada, AS, membuat hewan-hewan itu bertingkah laku aneh terhadap manusia.

Dalam satu kasus, seekor anak beruang lucu memanjat tanpa rasa takut ke papan seluncur salju di resor Northstar dekat Danau Tahoe, tidak menunjukkan kewaspadaan yang secara alami akan ditunjukkan oleh hewan liar di sekitar manusia.

Tetapi kondisi aneh, yang diyakini dokter hewan sebagai jenis ensefalitis virus, pada akhirnya berakibat fatal. Kondisi tersebut, masih belum disebutkan namanya, telah menarik perbandingan dengan "virus zombie" yang menyebabkan perilaku aneh agresif dan tidak terkoordinasi pada rusa.

Penyakit ini masih jarang terjadi pada beruang, kata Departemen Ikan dan Margasatwa California (CDFW), tetapi tampaknya terus meningkat.

Pada bulan Februari, spesialis hewan CDFW menanggapi panggilan di El Dorado County, California menemukan beruang muda keluar sendiri, menunjukkan perilaku 'seperti anjing'.

Hewan itu tampak sangat nyaman berada di sekitar manusia, dan bahkan mengambil sebuah apel dan dengan senang hati memakannya di depan sekelompok orang di teras halaman belakang rumah mereka.

Secara fisik dan mental, kata tim CDFW, beruang itu 'tampaknya tidak benar', dengan jalan yang tidak teratur dan sikap yang membosankan dan tidak responsif.

Sampai saat ini, penyebab pasti dari kondisi tersebut belum diketahui. Ensefalitis, peradangan jaringan otak, juga bisa disebabkan oleh agen infeksi seperti jamur atau bakteri.

Belum jelas apakah kondisi ini terkait langsung dengan 'penyakit zombi' pada rusa, atau juga membahayakan manusia atau hewan lain.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X