Kemenperin Dorong Industri Olahraga untuk Bersaing di Level Internasional

- Senin, 7 September 2020 | 12:39 WIB
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. (ANTARA/Muhammad Adimaja)
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. (ANTARA/Muhammad Adimaja)

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berupaya meningkatkan daya saing industri alat olahraga di dalam negeri. Pihaknya kini fokus terhadap penguatan struktur manufakturnya agar memproduksi alat-alat olahraga dengan kualitas yang baik.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, industri alat olahraga dengan brand lokal harus didukung agar mampu bersaing di level internasional, sehingga perlu kemitraan antar produsen alat olahraga.

"Kita perlu gigih mendorong pertumbuhan sektor pendukungnya. Selain itu, memperkuat brand lokal dan memfasilitasi kemitraan antara produsen alat olahraga dengan induk cabang olahraga,” kata Agus di Jakarta beberapa waktu lalu.

Agus menambahkan, pihaknya menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada Kemenpora atas peran sertanya dalam membina dan mengembangkan industri alat olahraga di Indonesia. Inisiasi ini diharapkan juga dapat memajukan prestasi olahraga nasional di kancah global.

“Industri alat olahraga merupakan salah satu bagian penting yang menjadi fokus dalam pembinaan dan pengembangan olahraga nasional. Dalam Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional (RIPIN) 2015-2035, industri alat olahraga yang masuk dalam kategori industri aneka merupakan salah satu sektor dari 10 industri prioritas nasional yang pengembangannya mendapat akselerasi,” paparnya.

Ia juga mengajak kepada seluruh pemangku kepentingan terkait dan seluruh masyarakat untuk dapat terus mengoptimalkan penggunaan produk hasil industri dalam negeri, termasuk alat olahraga. Upaya strategis ini dinilai mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional di tengah tekanan dampak pandemi Covid-19.

“Kami juga meminta kepada para pimpinan induk organisasi cabang olahraga agar bisa bersinergi dalam mendorong penggunaan dan pemanfaatan alat olahraga buatan Indonesia, baik itu dalam latihan keseharian maupun pada saat mengikuti atau mengadakan berbagai kompetisi dan ajang olahraga tingkat nasional atau internasional,” tandasnya.

Menperin menegaskan, sudah banyak produk alat olahraga buatan industri di dalam negeri diminati pasar global seperti industri apparel meliputi sepatu, kaos, juga topi ini merupakan bagian tak terpisahkan dari industri olahraga nasional.

“Produk-produk kita memiliki kualitas yang dapat dibanggakan, terbukti dengan cukup banyaknya produk alat olahraga kita yang diekspor. Maka itu, kita semua harus merajut rasa optimisme bahwa produk alat olahraga dalam negeri dapat bersaing di kancah domestik maupun internasional sambil pula mengiringi peningkatan prestasi para atlet kita,” tukasnya.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X