Kapan Pandemi Virus Corona Akan Berakhir? Ini Prediksinya

- Kamis, 26 November 2020 | 11:42 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19. (REUTERS/Dado Ruvic)
Ilustrasi vaksin Covid-19. (REUTERS/Dado Ruvic)

Prediksi kapan pandemi virus corona atau Covid-19 berakhir kembali menjadi pertanyaan. Ini karena adanya beberapa kandidat vaksin Covid-19 yang menunjukkan hasil yang memuaskan.

Saat ini kandidat vaksin Covid-19 yang menunjukkan hasil yang memuaskan antara lain AstraZeneca, Pfizer, dan Moderna.

Beberapa kandidat vaksin Covid-19 tersebut membentuk herd immunity (kekebalan kelompok lawan virus) untuk melawan virus corona. Analisis Citi Research mengungkapkan herd immunity kemungkinan belum akan terbentuk hingga akhir 2021.

Herd Immunity akan terjadi ketika banyak penduduk yang mengembangkan perlindungan terhadap penyakit, dan tidak dapat lagi menyebarkan penyakit.

Citi Research memprediksi ketiga kandidat vaksin Covid-19 tersebut akan dapat izin penggunaan darurat pada Desember 2020 atau Januari 2021 sehingga vaksin dapat segera didistribusikan.

Citi Research mengatakan negara-negara maju telah mengamankan 85% vaksin Covid-19 yang sedang dikembangkan. Bahkan beberapa negara seperti AS, Inggris, Jepang, Kanada, Australia, dan Uni Eropa telah memesan vaksin melebihi populasi mereka.

Hal itu berarti negara-negara maju dapat memulai distribusi vaksin yang lebih luas pada kuartal kedua atau ketiga tahun depan, dan membentuk herd immunity pada tiga bulan terakhir tahun 2021.

"Kebanyakan orang, yang mencari vaksin, mungkin divaksinasi setidaknya pada akhir 2021," tulis Citi Research, seperti dikutip dari CNBC, Kamis (26/11/2020).

Namun untuk negara berkembang dan negara miskin, Citi Research mengatakan kemungkinan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mendapatkan vaksin Covid-19.

Tak hanya itu, Citi Research juga menyebutkan adanya ketidakpastian kapan herd immunity akan tercapai di negara miskin.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X